Khusna, Nida’ul (2024) Eksperimentasi pendekatan realistic mathematic education (RME) terhadap kemampuan representasi matematis siswa Kelas IV di MIS Wonorejo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2317225_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (934kB) |
|
Text
2317225_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2317225_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan observasi pembelajaran matematika kelas IV bahwasannya guru jarang menggunakan pembelajaran yang kooperatif dalam pembelajaran, misalnya dalam pembentukan kelompok dalam memecahkan suatu masalah yang berkaitan dengan pengalaman sehari-hari siswa dalam konteks nyata. Akibatnya siswa kurang menguasai pelajaran matematika khususnya terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan representasi matematis siswa yang dikenai pendekatan RME dan yang tidak dikenai pendekatan RME (2) Penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas IV di MIS Wonorejo Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-experimental design type Two Group Pretest-Posttes Design, dalam penelitian ini tidak menggunakan kelas kontrol desain ini dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dengan hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan pokok bahasan keliling dan luas bangun datar, tes yang diberikan berupa tes uraian sebanyak 10 butir soal Hasil penelitian menunjukkan perhitungan uji independent sample test mendapatkan hasil sig. Levene’s Test for variance sebesar 0.434 > 0.05, dengan sig. (2-tailed) sebesar 0.004 < 0.005 maka disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan atau nyata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan RME, Kemampuan Representasi Matematis | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 09:02 | ||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 09:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9825 |
Actions (login required)
View Item |