Manajemen pembelajaran al-qur’an dengan metode yanbu’a di TPQ Attarsyudiyah Kelurahan Gumawang Kecamatan Wiradesa

Shofa, Nabila (2024) Manajemen pembelajaran al-qur’an dengan metode yanbu’a di TPQ Attarsyudiyah Kelurahan Gumawang Kecamatan Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119203_Cover_Bab I Bab V...pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119203_Full Text Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pemahaman terhadap ilmu membaca Al-Qur’an merupakan syarat penting yang harus dikuasai seorang muslim dalam menjalankan ibadah agama. TPQ Attarsyudiyah kelurahan Gumawang merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang dipercaya masyarakat sekitar untuk mendidik anak-anaknya dalamhal agama dan juga mendidik mereka dalam membaca Al-Qur’an dan tajwidnya. Metode yanbu’a itu sendiri merupakan metode yang baru dibuat baru-baru ini untuk memahami ilmu tentang baca dan tulis Al-Qur’an, Mayoritas TPQ di Kecamatan Wiradesa, Khususnya di Kelurahan Gumawang masih menggunakan metode Qiraati dan Fashohati dalam pembelajaran Al-Qur’an di masing-masing TPQ. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen pembelajaran Al-Qur’an dengan metode yanbu’a dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Attarsyudiyah Kelurahan Gumawang Kecamatan Wiradesa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik dan analisis data interaktif meliputi kondensasi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan manajemen pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di TPQ Attarsyudiyah ini diselenggarakan dengan pembagian tujuh tingkatan kelas jilid, tujuh tigkatan kelas jilid tersebut yakni kelas jilid 1, kelas jilid 2, kelas jilid 3, kelas jilid 4, kelas jilid 5, dan kelas jilid 6, serta kelas jilid 7. Kemudian Setiap tingkatan memiliki pola pembelajaran dan target pembelajaran masing-masing sesuai dengan hasil penyusunan rencana pelaksaan pembelajaran yang sudah disepakati bersama. Selain itu, pihak TPQ juga menyelenggarakan program evalusi yakni evaluasi pembimbing, evaluasi pembelajaran santri, dan evaluasi kedisiplinan santri. Selain itu, TPQ juga mengadakan ujian kenaikan jilid dan kemudian hasil dari semua kegiatan belajar mengajar dilaporkan kepada orang tua masing-masing santri dalam bentuk lampiran raport. Faktor pendukung dari penerapan metode yanbu’a ini, yakni kecerdasan santri, semangat santri, guru pembimbing, sarana prasarana dan keluarga. Sesuai hasil penelitian, tujuan manajemen pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a ini berhasil tercapai dimana para santri mengalami peningkatan dalam hal pemahaman tajwidnya. Suatu keberhasilan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung yang tertera di atas. faktor penghambat juga antara lain kurangnya kedisiplinan siswa, pengelolaan kelas, dan waktu pelaksanaan pembelajaran yang terlalu singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Yanbua
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Oct 2024 09:30
Last Modified: 08 Oct 2024 09:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9883

Actions (login required)

View Item View Item