Strategi konseling individual dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas ix SMP Salafiyah Pekalongan

Zulfa, Muhammad Afrizal (2024) Strategi konseling individual dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas ix SMP Salafiyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517127_Cover Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3517127_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Kesulitan belajar adalah fenomena umum sering terjadi dalam pendidikan yang berdampak serius pada perkembangan akademis dan psikologis siswa, serta prestasi sekolah. Indikatornya meliputi penurunan nilai, kesulitan memahami konsep, dan motivasi rendah. Layanan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya konseling individual, berperan penting dalam membantu siswa mengatasi masalah ini. Penelitian ini meneliti kondisi kesulitan belajar siswa kelas IX di SMP Salafiyah Pekalongan dan strategi konseling individual yang diterapkan untuk mengatasinya. Tujuan penelitian adalah untuk memahami kondisi kesulitan belajar siswa serta mengetahui strategi konseling individual yang digunakan. Kegunaan penelitian ini adalah memberikan pemahaman tentang keefektifan strategi konseling dalam pendidikan, memberikan wawasan bagi guru tentang strategi yang efektif, meningkatkan peluang siswa mengatasi kesulitan belajar dan prestasi akademis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan keilmuan menggunakan pendekatan psikologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber-sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar merupakan masalah yang kompleks yang dihadapi oleh beberapa siswa kelas IX SMP Salafiyah Pekalongan. Kesulitan belajar ini disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Strategi konseling individual terbukti berhasil dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Dari 3 siswa sebagai subjek penelitian, 1 siswa kesulitan belajar Nahwu Shorof, 1 siswa kesulitan belajar IPA dan 1 siswa lagi kesulitan belajar IPS. Strategi ini melibatkan upaya yang berfokus pada siswa secara individu, dengan tujuan memberikan kenyamanan, motivasi, dan bimbingan kepada siswa untuk mengatasi kesulitan belajar dan tetap aktif dalam kegiatan sekolah. Strategi konseling individual meliputi penerapan rencana tindakan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa, kolaborasi antara guru BK dan guru mata pelajaran, dan penerapan upaya preventif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSubhi,, Muhamad Rifa’i2124078901UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi konseling individual, kesulitan belajar
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:18
Last Modified: 07 Aug 2024 08:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9920

Actions (login required)

View Item View Item