Zulfa, Muhammad Afrizal (2024) Strategi konseling individual dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas ix SMP Salafiyah Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3517127_Cover Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
3517127_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kesulitan belajar adalah fenomena umum sering terjadi dalam pendidikan yang berdampak serius pada perkembangan akademis dan psikologis siswa, serta prestasi sekolah. Indikatornya meliputi penurunan nilai, kesulitan memahami konsep, dan motivasi rendah. Layanan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya konseling individual, berperan penting dalam membantu siswa mengatasi masalah ini. Penelitian ini meneliti kondisi kesulitan belajar siswa kelas IX di SMP Salafiyah Pekalongan dan strategi konseling individual yang diterapkan untuk mengatasinya. Tujuan penelitian adalah untuk memahami kondisi kesulitan belajar siswa serta mengetahui strategi konseling individual yang digunakan. Kegunaan penelitian ini adalah memberikan pemahaman tentang keefektifan strategi konseling dalam pendidikan, memberikan wawasan bagi guru tentang strategi yang efektif, meningkatkan peluang siswa mengatasi kesulitan belajar dan prestasi akademis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan keilmuan menggunakan pendekatan psikologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber-sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar merupakan masalah yang kompleks yang dihadapi oleh beberapa siswa kelas IX SMP Salafiyah Pekalongan. Kesulitan belajar ini disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Strategi konseling individual terbukti berhasil dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Dari 3 siswa sebagai subjek penelitian, 1 siswa kesulitan belajar Nahwu Shorof, 1 siswa kesulitan belajar IPA dan 1 siswa lagi kesulitan belajar IPS. Strategi ini melibatkan upaya yang berfokus pada siswa secara individu, dengan tujuan memberikan kenyamanan, motivasi, dan bimbingan kepada siswa untuk mengatasi kesulitan belajar dan tetap aktif dalam kegiatan sekolah. Strategi konseling individual meliputi penerapan rencana tindakan yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa, kolaborasi antara guru BK dan guru mata pelajaran, dan penerapan upaya preventif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi konseling individual, kesulitan belajar | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2024 08:18 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:21 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9920 |
Actions (login required)
View Item |