Fitriyah, Ani (2024) Efektivitas metode snowball throwing terhadap hasil belajar pendidikan agama islam pada peserta didik kelas vii di SMP Negeri 1 Kandeman. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120202_Bab I dan Bab V.pdf Download (6MB) |
|
Text
2120202_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa di SMP N 1 Kandeman masih tergolong rendah. Faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah menggunakan metode pembelajaran karena dapat merangsang kemampuan berpikir dan komunikasi peserta didik. Metode pembelajaran Snowball Throwing dirancang guna mempengaruhi pola interaksi antar peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar akademik peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran PAI pada kelas VII di SMP N 1 Kandeman. 2. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP N 1 Kandeman. 3. Untuk mengetahui penerapan metode Snowball Throwing efektif terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas VII di SMP N 1 Kandeman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experiment Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Kandeman yang terdiri kelas VII A-I dengan jumlah peserta didik setiap kelasnya adalah 32 anak dengan jumlah total ada 288 peserta didik. Maka sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VII G yaitu sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan uji paired sample t-test dan N-gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 55,93 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 83,43. Sehingga diperoleh nilai t-hitung 13,695 t-tabel 2,040. Didapatkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil uji Paired Sample T Test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05 dan nilai thitung 13,695 ttabel 2,040. Sehingga, penggunaan metode pembelajaran Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik atau Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan, berdasarkan hasil rata-rata N-gain percent menunjukkan kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Snowball Throwing cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP N 1 Kandeman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Metode Pembelajaran Snowball Throwing, hasil belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:25 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9955 |
Actions (login required)
View Item |