Pengaruh Audit Tenure, Komite Audit Dan Reputasi Kap Terhadap Audit Report Lag Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII)

Zahra, Mia Amelia (2024) Pengaruh Audit Tenure, Komite Audit Dan Reputasi Kap Terhadap Audit Report Lag Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4320070_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (425kB)
[img] Text
4320070_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Audit report lag merupakan rentang waktu yang diperlukan oleh perusahaan dalam menyusun hingga menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit oleh auditor setelah akhir periode. Lamanya audit report lag akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan keuangan. Oleh karena itu, pentingnya laporan keuangan harus disajikan secara tepat waktu agar dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh audit tenure, komite audit, dan reputasi KAP terhadap audit report lag dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018-2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Metode analisis menggunakan regresi linear berganda dan moderated regression analysis dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) audit tenure tidak berpengaruh terhadap audit report lag, (2) komite audit berpengaruh terhadap audit report lag, (3) reputasi KAP berpengaruh terhadap audit report lag, (4) ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi audit tenure terhadap audit report lag, (5) ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi komite audit terhadap audit report lag, (6) ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi reputasi KAP terhadap audit report lag.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNasrullah, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Audit Tenure, Komite Audit, Reputasi KAP, Ukuran Perusahaan dan Audit Report Lag
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: Aisyah Aisyah
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:28
Last Modified: 31 Jul 2024 08:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10027

Actions (login required)

View Item View Item