Implementasi UU Perlindungan Konsumen Dan UU Jaminan Produk Halal (Studi Krupuk Ondol Desa Madukaran Kabupaten Pekalongan)

Nadya, Nadya (2024) Implementasi UU Perlindungan Konsumen Dan UU Jaminan Produk Halal (Studi Krupuk Ondol Desa Madukaran Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1220015_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1220015_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1220015_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang dilakukan dengan cara mengkaji berbagai aturan yang bersifat formal seperti undang-undang, peraturan-peraturan, serta literatur yang berisi konsep-konsep teoritis yang kemudian dihubungkan dengan permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), dan pendekatan konseptual (Conceptual Approach) berdasarkan teori-teori, konsep hukum, maupun asas hukum yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah telah disahkannya UU Perlindungan Konsumen dan UU Jaminan Produk Halal sebagai pedoman ketentuan produk. Namun dalam prakteknya masih terdapat produk yang tidak sesuai ketentuan, seperti label keterangan dalam kemasan yang menjadi kewajiban bagi pelaku usaha untuk mewujudkan perlindungan konsumen. Serta tidak adanya dampak hukum yang tegas bagi pelaku usaha yang tidak melakukan permohonan pendaftaran bagi produknya untuk mendapatkan sertifikasi halal. Serta kurangnya tindakan yang tegas dari pihak berwenang dalam melakukan pengawasan. Oleh permasalahan itulah, berakibat pada masih beredarnya produk tanpa label dikalangan masyarakat yang belum juga dilakukan penarikan didalam edarannya. Sehingga tidak hadirnya wujud perlindungan konsumen yang utuh dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tidak efektifnya implementasi UU Perlindungan Konsumen dan UU Jaminan Produk Halal yang disebabkan oleh kurangnya regulasi serta pengawasan dan penegakan hukum dari pihak yang berwenang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFuadi, M. Zulvi Romzul HudaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, UU Perlindungan Konsumen, UU Jaminan Produk Halal
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:18
Last Modified: 17 Sep 2024 04:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item View Item