Pengaruh pengetahuan, kemudahan transaksi, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah menggunakan fitur transfer BI Fast BSI Mobile

Marliana, Dewi Sherly (2024) Pengaruh pengetahuan, kemudahan transaksi, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah menggunakan fitur transfer BI Fast BSI Mobile. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220108_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4220108_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, kemudahan transaksi, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah menggunakan fitur transfer BI Fast BSI Mobile. Perkembangan teknologi pada perbankan syariah tersebut diiringi dengan keberadaan handphone yang dapat digunakan untuk mengakses mobile banking. Pada BSI mobile sendiri selain terdapat layanan transfer antar rekening BSI juga terdapat layanan tranfer ke bank lain dengan pilihan metode tranfer online, BI Fast dan SKN. Keberadaan layanan transfer BI Fast memudahkan proses transaksi menjadi mudah, aman dan cepat sehingga banyak nasbah tertarik menggunakan layanan tersebut. Penggunaan fitur tersebut diperlukan pengetahuan akan kegunaan suatu sistem sehingga nasabah dapat dengan mudah saat menggunakannya. Kurangnya pengetahuan mengenai suatu sistem layanan itu dapat terjadi karena minimnya informasi yang terima oleh nasabah. Kemudahan transaksi yang dirasakan nasabah saat menggunakan fitur BI Fast BSI mobile menjadikan nasabah merasa puas akan kemudahan oleh fitur layanan yang telah tersedia di menu BSI mobile, tentunya dapat mempengaruhi nasabah dalam penggunaan layanan tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden, yang merupakan nasabah BSI KC Pekalongan Pemuda dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah menggunakan BI Fast BSI Mobile. Kemudahan transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah menggunakan BI Fast BSI Mobile. Kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah menggunakan BI Fast BSI Mobile. Pengetahuan, kemudahan transaksi, dan kepuasan nasabah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah menggunakan BI Fast BSI Mobile.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyamsuddin, Syamsuddin199002022019031011UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kemudahan Transaksi, Kepuasan Nasabah, BI Fast, BSI Mobile
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:10
Last Modified: 31 Jul 2024 08:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10069

Actions (login required)

View Item View Item