Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 1 Materi Warna Di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Afiani, Nina (2024) Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 1 Materi Warna Di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319091_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2319091_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2319091_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini menekankan pada motivasi dan hasil belajar siswa kelas 1 melalui metode outdoor learning. SDIT Bahrul Ulum Kwayangan mempunyai ciri khas tersendiri dari sekolah tersebut yang memotivasi belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran bahasa Arab pada materi warna karena dalam penerapan metode outdoor learning ini siswa akan lebih bersemangat lagi dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode outdoor learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab kelas 1 materi warna 2) mendeskripsikan hambatan implementasi metode outdoor learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab kelas 1 materi warna 3) mendeskripsikan solusi dari hambatan implementasi metode outdoor learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab kelas 1 materi warna. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model menurut Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang peneliti lakukan saat pelaksanaan metode outdoor learning dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di SDIT Bahrul Ulum Kwayangan menekankan siswa untuk saling bekerja sama dengan kelompok sehingga masing-masing anggota kelompok paham dengan hasil kerja kelompok dan bertanggung jawab terhadap hasil kerja tersebut, sehingga dengan sendirinya siswa harus terlibat lebih aktif dalam pembelajarannya. Adapun hambatannya yaitu a) anak asik main sendiri b) mood siswa kurang bagus c) kurangnya konsentrasi siswa. Untuk solusi dari hambatan tersebut yaitu a) mengelola pembelajaran kelas dengan sebaik mungkin b) menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran c) memberikan alfazone (pengondisian siswa melalui nyanyian atau gerakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Outdoor Learning, Bahasa Arab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:13
Last Modified: 28 Sep 2024 07:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10078

Actions (login required)

View Item View Item