Eksplorasi sosiokultural berbasis etnomatematika pada motif Batik Jlamprang Pekalongan

Siti, Hawa (2024) Eksplorasi sosiokultural berbasis etnomatematika pada motif Batik Jlamprang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURAHMAN WAHID.

[img] Text
2619014_SITI HAWA_COVER-BAB I-BAB V-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2619014_SITI HAWA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Dalam konteks pendidikan, pengajaran matematika sering kali dianggap abstrak dan terpisah dari kehidupan sehari-hari. Etnomatematika suatu bentuk pengajaran yang menggunakan matematika dalam konteks dunia nyata yang praktis. Pendekatan sosiokultural dapat digunakan untuk mengetahui konsep-konsep matematika dengan pengalaman dan pengetahuan budaya siswa. Dengan menggunakan batik Jlamprang, siswa dapat memahami konsep-konsep geometri dengan lebih baik dan relevan. Teori sosiokultural menekankan pentingnya interaksi sosial dalam proses belajar, hal ini memungkinkan untuk menerapkan konsep matematika yang mereka pelajari dengan baik. Pada penelitian ini meneliti sosiokultural berbasis etnomatematika pada motif batik Jlamprang Pekalongan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisis korelasi antara etnomatematika dengan nilai filosofis pada motif batik Jlamprang Pekalongan. 2. Untuk mendeskripsikan konsep matematika yang terdapat pada motif batik Jlamprang Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain etnografi. Penelitian pendekatan kualitatif melibatkan pengumpulan data deskriptif dari semua bentuk komunikasi, termasuk laporan tertulis dan lisan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Museum Batik Kota Pekalongan, dan salah satu rumah produksi batik di Jl. Jlamprang Krapyak Pekalongan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1. Ditemukan adanya etnomatematika pada nilai filosofis motif batik Jlamprang Pekalongan. Dalam penelitian ini ada empat macam motif Jlamprang berikut ini adalah etnomatematika berupa geometri pada nilai filosofis dari setiap motifnya. Pertama batik Jlamprang motif Limaran terdapat bentuk belah ketupat dalam Limaran yang mencerminkan keindahan dan keagungan. Kedua batik Jlamprang motif Cakar Ayam simbol Lingkaran merupakan simbol kekuatan dan Kehormatan. Ketiga batik Jlamprang motif Sekar Jeruk, simbol persegi melambangkan Kesejahteraan dan Kesuburan. Keempat batik Jlamprang motif Tumpal, segitiga dalam motif ini dipercaya dapat mengembalikan keseimbangan dan keharmonisan antara tubuh dan pikiran. 2. Terdapat konsep matematika serta konsep fraktal pada motif batik Jlamprang Pekalongan. Motif batik Jlamprang memuat konsep geometri bangun datar yang meliputi sifat-sifat yang tampak dalam motif batik Jlamprang yaitu, belah ketupat, lingkaran, segitiga dan persegi. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pengajar dan juga siswa-siswi khususnya kalangan generasi muda untuk bisa memahami konsep matematika serta mengenal lebih dekat dengan kebudayaan yang ada di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNovianti, DirastiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Batik Jlamprang, Etnomatematika, Sosiokultural
Subjects: 000 GENERALITAS (UMUM) > 000 Knowledge - Special Computer Methods (IlmuĀ Umum danĀ Komputer) > 004.0151 Computers Mathematical Principles/Prinsip Matematika dalam Ilmu Komputer
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.0151 Mathematical Economic/Ekonomi Matematika
400 LANGAUGE (BAHASA) > 410 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia) > 410.151 Mathematical Linguistics/Matematika Linguistik
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:12
Last Modified: 01 Aug 2024 04:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10103

Actions (login required)

View Item View Item