Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Peningkatan kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Comal

Oktafiani, Yeni (2024) Model Pembelajaran Teams Games Tournament dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Peningkatan kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620113_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2620113_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah karena masih ditemukannya siswa yang belum memahami permasalahan yang diberikan serta pembelajaran matematika masih didominasi dengan soal-soal yang belum berkaitan dengan dunia nyata serta pembelajaran yang cenderung konvensional. Dalam mengatasi masalah ini, penting untuk mengimplementasikan model pembelajaran yang aktif dan inovatif, seperti model pembelajaran Teams Games Tournament dengan pendekatan Realistic Mathematics Education, yang dapat merangsang pemikiran kritis siswa dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis matemtais siswa SMP Negeri 1 Comal? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-eksperimental dengan menggunakan one group pretest-posttest dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan 296 siswa dan sampel sebanyak 32 siswa dipilih dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunkan uji instrumen, uji normalitas dan uji hipotesis dengan independent sample t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan TGT dengan pendekatan RME pada kelas eksperimen dengan uji N-Gain Ternormalisasi mencapai nilai maksimum sebesar 92,86%. Efektivitas model pembelajaran TGT dengan pendekatan RME terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa cukup efektif hal ini dibuktikan dari uji hipotesis diperoleh nilai signifikan dari uji t-test (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, menandakan bahwa terdapat efektivitas terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Aug 2024 04:37
Last Modified: 02 Oct 2024 04:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item