Pengaruh Leverage dan Manajemen Laba Terhadap Agresivitas Pajak dengan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2023)

Andini, Riska Ayu (2024) Pengaruh Leverage dan Manajemen Laba Terhadap Agresivitas Pajak dengan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2023). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4320024_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4320024_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4320024_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Agresivitas pajak adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan agar beban pajak yang dibayarkan lebih rendah daripada yang seharusnya. Proksi yang digunakan untuk menghitung agresivitas pajak dengan menggunakan tarif pajak efektif. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage dan manajemen laba terhadap agresivitas pajak dengan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan pertambangan tahun 2018- 2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder. Jumlah sampel yang ditetapkan adalah 11 perusahaan dengan rentang waktu 6 tahun. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 66 sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji analisis regresi moderate dengan menggunkkan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dan manajemen laba berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak. Variabel tanggung jawab sosial perusahaan dapat memoderasi leverage terhadap agresivitas pajak. Sedangkan tanggung jawab sosial perusahaan tidak dapat memoderasi manajemen laba terhadap agresivitas pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAryani, Alvita Tyas DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Agresivitas Pajak, Leverage dan Manajemen Laba
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:41
Last Modified: 01 Aug 2024 06:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10131

Actions (login required)

View Item View Item