Pengaruh Ukuran Pemerintah Daerah, Dana Perimbangan, Belanja Daerah Dan Belanja Modal Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2021-2022)

Artanti, Rakha Mita (2024) Pengaruh Ukuran Pemerintah Daerah, Dana Perimbangan, Belanja Daerah Dan Belanja Modal Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2021-2022). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4320034_Cover_Bab I & bab V-1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4320034_Full Text-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kinerja keuangan pemerintah daerah memperlihatkan seberapa baik pemerintahan mengurus finansial guna menjalankan rencana kebijakan sehingga berhasil memperoleh tujuan, visi, misi dan sasaran pemerintah daerah. Pengukuran kinerja keuangan dapat digunakan untuk menentukan kapasitas daerah untuk menerapkan otonomi daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran pemerintah daerah, dana perimbangan, belanja daerah dan belanja modal terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2021-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 64 sampel. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran pemerintah daerah dan belanja modal tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah. Sedangkan dana perimbangan dan belanja daerah berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDevy, Happy SistaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ukuran pemerintah daerah, dana perimbangan, belanja daerah, belanja modal, kinerja keuangan pemerintah daerah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:53
Last Modified: 01 Aug 2024 03:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10141

Actions (login required)

View Item View Item