Pengaruh Penerapan Psak 109, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Organisasi Pengelola Zakat (Opz) Di Kabupaten Brebes

Pipit Fitriani, Pipit (2024) Pengaruh Penerapan Psak 109, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Organisasi Pengelola Zakat (Opz) Di Kabupaten Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4320052_COVER_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4320052_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

PIPIT FITRIANI. Pengaruh Penerapan PSAK 109, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Kabupaten Brebes. Laporan keuangan merupakan instrumen penting dalam pertanggungjawaban manajemen pada pengelolaan sumber daya ekonomi suatu entitas. Dalam konteks pengelolaan zakat, sedekah, dan infak, Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjalankan pencatatan dan pelaporan keuangan yang akurat dan terpercaya. Kualitas laporan keuangan lembaga pengelola zakat menjadi sangat penting dalam menjamin alokasi zakat berlandaskan ketentuan Islam, juga membantu lembaga pengelola zakat untuk melakukan evaluasi kinerja dan perbaikan jika diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan PSAK 109, kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi dan transparansi pengelolaan zakat terhadap kualitas laporan keuangan pada Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di kabupaten Brebes. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada riset ini yaitu menggunakan kuesioner. Metode penentuan sampel pada riset ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 58 orang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis, dilakukan dengan alat uji SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PSAK 109, kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, sedangan transparansi pengelolaan zakat berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Dan hasil uji F menunjukkan bahwa penerapan PSAK 109, kompetensi sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan transparansi pengelolaan zakat secara simultan berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pada Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Kabupaten Brebes. Kata kunci: Penerapan PSAK 109, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Transparansi Pengelolaan Zakat, Kualitas Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAde Gunawan, M.M, Bp. Ade198104252015031002-
Uncontrolled Keywords: Penerapan PSAK 109, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Transparansi Pengelolaan Zakat, Kualitas Laporan Keuangan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:50
Last Modified: 01 Aug 2024 03:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item