Analisis pengaruh marketing mix dan lingkungan sosial terhadap keputusan nasabah dalam memilih simpanan idul fitri di KSPPS BMT An-Najah Kantor Cabang Bandar

Maula, Rayhani Sofya (2024) Analisis pengaruh marketing mix dan lingkungan sosial terhadap keputusan nasabah dalam memilih simpanan idul fitri di KSPPS BMT An-Najah Kantor Cabang Bandar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220006_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4220006_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Product, Price, Place, Promotion merupakan komponen dari Marketing Mix serta Lingkungan Sosial yang termasuk dalam siklus saling mempengaruhi satu sama lain. Marketing Mix yang baik tentunya akan memberikan respon nasabah yang positif, Serta adanya pengaruh lingkungan sosial yang kuat maka terhadap keputusan nasabah tentu akan berdampak positif juga. Suatu Lembaga Keuangan Syariah merancang Marketing Mix yang lebih efektif untuk mendorong perilaku konsumen dalam membuat suatu keputusan dalam pemilihan suatu produk di Lembaga Keuangan Syariah tersebut. Seseorang terinspirasi untuk memilih produk yang ada di Lembaga Keuangan Syariah tersebut karena adanya pengaruh orang lain atau sebab eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix dan Lingkungan Sosial terhadap Keputusan Nasabah dalam memilih Simpanan Idul Fitri di KSPPS BMT An-najah Cabang Bandar. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Nasabah SIFITRI (Simpanan Idul Fitri). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 67 responden dengan metode sensus sampling yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa melalui Output SPSS 26 memperoleh hasil (1) Variabel Product berpengaruh terhadap variabel Keputusan Nasabah secara positif dan signifikan dengan nilai sign 0,033<0,05 dan nilai t hitung 2,186>nilai t tabel 1,99962. (2) Variabel Price berpengaruh terhadap variabel Keputusan Nasabah secara positif dan signifikan dengan nilai sign 0,003<0,05 dan nilai t hitung 3,120>nilai t tabel 1,99962. (3) Variabel Place berpengaruh terhadap variabel Keputusan Nasabah secara positif dan signifikan dengan nilai sign 0,000<0,05 dan nilai t hitung 6,462>nilai t tabel 1,99962. (4) Variabel Promotion berpengaruh terhadap variabel Keputusan Nasabah secara positif dan signifikan dengan nilai sign 0,009<0,05 dan nilai t hitung 2,679>nilai t tabel 1,99962. (5) Variabel Lingkungan Sosial berpengaruh terhadap variabel Keputusan Nasabah secara positif dan signifikan dengan nilai sign 0,000<0,05 dan nilai t hitung 6,315>nilai t tabel 1,99962. (6) Variabel Product, Price, Place, Promotion dan Lingkungan Sosial berpengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai sign 0,000b < 0,05 dan F hitung 15.003> F tabel 3,15.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKurniawan, Protomo Cahyo198907082020121010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Product, Price, Place, Promotion, Lingkungan Sosial
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:27
Last Modified: 01 Aug 2024 06:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10154

Actions (login required)

View Item View Item