Implementasi Psak 101 Dan Islamic Corporate Governance Pada Koperasi Syariah (Studi Kasus Kspps Bmt An-Najah Kantor Pusat Kauman)

Maisaroh, Dwi (2024) Implementasi Psak 101 Dan Islamic Corporate Governance Pada Koperasi Syariah (Studi Kasus Kspps Bmt An-Najah Kantor Pusat Kauman). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4320090_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4320090_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4320090_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

DWI MAISAROH. Implementasi PSAK 101 dan Islamic Corporate Governance pada Koperasi Syariah (Studi Kasus KSPPS BMT An-Najah Kantor Pusat Kauman) PSAK 101 merupakan pedoman dalam pencatatan laporan keuangan syariah termasuk koperasi syariah. Islamic Corporate Governance sendiri merupakan konsep tata kelola perusahaan syariah yang harus diterapkan dalam lembaga keuangan berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008. Namun, dalam pelaksanaanya masih ada beberapa yang belum menerapkan PSAK 101 dan Islamic Corporate Governance dalam entitas syariahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan PSAK 101 atas penyajian laporan keuangan syariah dan mengetahui implementasi Islamic Corporate Governance pada KSPPS BMT An-Najah Kantor Pusat Kauman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang diperlukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa KSPPS BMT An-Najah Kantor Pusat Kauman belum sepenuhnya menerapkan PSAK 101, dari 7 komponen PSAK 101 KSPPS BMT An-Najah Kantor Pusat Kauman hanya menyajikan 6 laporan keuangan, yaitu laporan neraca, laporan perhitungan hasil usaha, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan arus kas, laporan perubahan dana zakat, dan laporan perubahan dana infaq. Dari ke-enam laporan yang disajikan hanya 4 laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 101 yaitu laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, laporan perubahan dana zakat, dan laporan dana infaq. Laporan keuangan yang tidak disajikan adalah catatan atas laporan keungan. Dalam menerapkan prinsip-prinsip Islamic Corporate Governance KSPPS BMT An-Najah Kantor Pusat Kauman sudah menerapkan prinsip transparansi (shiddiq), akuntabilitas (amanah), responsbility (tabligh), profesional (hurriyah), dan fairness (tawazun) dengan baik, namun adanya ketidakaktifan Dewan Pengawas Syariah 2, menyebabkan kekosongan pada posisi Dewan Pengawas Syariah ketika ada musibah diluar kendali manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutmainah, InaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PSAK 101, Islamic Corporate Governance, Koperasi Syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:23
Last Modified: 01 Aug 2024 08:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10180

Actions (login required)

View Item View Item