Analisis pengukuran kinerja rumah sakit dengan pendekatan balanced scorecard (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Limpung Kabupaten Batang Dan Rumah Sakit Umum Daerah Kesesi Kabupaten Pekalongan)

Parwati, Intan (2024) Analisis pengukuran kinerja rumah sakit dengan pendekatan balanced scorecard (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Limpung Kabupaten Batang Dan Rumah Sakit Umum Daerah Kesesi Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4320023_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4320023_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4320023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

. Kualitas pelayanan yang baik dapat dicapai melalui perbaikan kinerja yang dilakukan secara terus menerus. Namun, dalam kenyataannya citra rumah sakit pemerintah di mata masyarakat belum sepenuhnya baik dibandingkan dengan rumah sakit swasta. Masyarakat mengeluhkan antrian pelayanan yang panjang, waktu tunggu yang relatif lama, pelayanan yang kurang professional serta sarana prasarana yang kurang memadai. Kondisi rumah sakit milik pemerintah tersebut dapat mengakibatkan masyarakat terutama golongan menengah keatas enggan memilih rumah sakit milik pemerintah untuk berobat. Apabila pengelolaan rumah sakit milik pemerintah tidak segera dibenahi terutama dalam melayani masyarakat, akan mengakibatkan menurunnya kepuasan dan minat masyarakat untuk berobat ke rumah sakit pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Rumah Sakit Umum Daerah dengan menggunakan pendekatan Balance Scorecard dengan menggunakan empat prespektif yaitu prespektif Keuangan, Prespektif Pelanggan, Prespektif Proses Bisis Internal, Prespektif Pertumbuhan dan Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dan di uji menggunakan SPSS 29, teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling dan sampel yang diperoleh sejumlah 100 responden untuk kepuasan pasien RSUD Limpung, 95 responden untuk kepuasan pasien RSUD Kesesi, 73 untuk responden kepuasan pegawai RSUD Limpung, dan 60 responden untuk kepuasan pegawai RSUD Kesesi. teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner,Laporan Sumber Daya Manusia, Laporan Rekam Medik, dan Laporan Keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja RSUD Limpung dan RSUD Kesesi diukur menggunakan pendekatan Balance Scorecard dapat dikatakan cukup baik. Dengan rincian RSUD Limpung mendapatkan rata-rata total skor 0,6 dan RSUD Kesesi 0,2.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGunawan, AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kinerja Rumah Sakit, Balance Scorecard, Perbandingan Kinerja kedua Rumah Sakit
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:21
Last Modified: 02 Aug 2024 03:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item