Pengaruh strategi promosi produk, electronic word of mouth (E-WOM) dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan keputusan penggunaan produk sebagai variabel intervening pada nasabah Bank Syariah Indonesia Pengguna M-Banking. (Studi Kasus Di Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Aini, Reni Nur (2024) Pengaruh strategi promosi produk, electronic word of mouth (E-WOM) dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan keputusan penggunaan produk sebagai variabel intervening pada nasabah Bank Syariah Indonesia Pengguna M-Banking. (Studi Kasus Di Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4219032_COVER, BAB i dan BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4219032_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kedudukan manusia sebagai makhluk sosial yang mana dalam memenuhi kebutuhannya tidak dapat diproduksi sendiri oleh individu tersebut. Maka dari itu dia perlu bekerja sama dan membutuhkan bantuan dengan yang lainnya, salah satunya Lembaga Keuangan Syariah. Akibatnya, Lembaga Keuangan Syariah disini memiliki peran penting dalam ekonomi modern saat ini dan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka. Seiring dengan perubahan pola persaingan, maka suatu perusahaan memerlukan pengkajian terhadap unsur-unsur yang dapat mempengaruhi kemampuan bersaingnya guna mencapai tujuan yang diterapkan, termasuk Bank Syariah Indonesia yang masuk kedalam lingkup Lembaga Keuangan Syariah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Promosi Produk, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah, baik secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui variabel Keputusan Penggunaan Produk. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah Strategi Promosi Produk, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Kualitas Pelayanan, Keputusan Penggunaan Produk dan Kepuasan Nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah Civitas Akademika di UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Sedangkan pengambilan sampelnya dilakukan menurut rumus lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner. Dan metode analisis yang digunakan adalah melalui Uji Jalur (Path Analysis), dimana variabel Keputusan Penggunaan Produk berkedudukan sebagai variabel intervening. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tiga persamaan uji jalur. Hasil dari pengujian ketiga persamaan menyatakan bahwa pada jalur pertama dan ketiga terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen melalui variabel intervening. Sedangkan pada jalur kedua menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen melalui variabel intervening. Kata Kunci: Strategi Promosi Produk, Electronic Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Keputusan Penggunaan Produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorReni, Nur AiniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi Produk, Electronic Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Keputusan Penggunaan Produk.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:43
Last Modified: 02 Aug 2024 08:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item View Item