Jinan, Elin Soraya (2024) Strategi komunikasi publik majelis Azzahir dalam menanamkan rasa cinta sholawat pada jamaah rutinan malam jumat kliwon. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3417124_Cover,Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
3417124_Full Text .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan yang dilakukan oleh Majelis Azzahir berkaitan dengan pengertian dari strategi komunikasi publik. Strategi komunikasi publik adalah taktik dan pendekatan komunikasi kepada publik atau masyarakat sasaran serta terkait isu program dan kebijakan tertentu secara efektif dan efisien. Majelis Azzahir melakukan perannya sebagai majelis sholawat yang menyampaikan informasi keagamaan melalui lantunan sholawat yang tentram dan menyejukkan hati jamaahnya. Lantunan sholawatnya pun disebarluaskan melalui media sosial sehingga pesan komunikasi melalui sholawat dapat tersampaikan kepada jamaah yang lebih luas. Masalah penelitian yang penulis kemukakan adalah bagaimana strategi komunikasi publik yang digunakan Majelis Azzahir dalam menanamkan rasa cinta sholawat jamaah rutinan malam jumat kliwon menggunakan teori strategi komunikasi Lasswell. Bagaimana implementasi strategi komunikasi publik majelis Azzahir dalam menanamkan rasa cinta sholawat Jamaah rutinan malam jumat kliwon. Tujuan penelitian ini Mengetahui bagaimana strategi komunikaisi publik yang digunakan majelis Azzahir dalam menanamkan rasa cinta sholawat jamaah rutinan malam jumat kliwon menggunakan teori strategi komunikasi Lasswell. Mengetahui implementasi strategi komunikasi publik majelis Azzahir dalam menanamkan rasa cinta sholawat jamaah rutinan malam jumat kliwon. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun temuan dalam pelaksanaan strategi komunikasi publik Majelis Azzahir menunjukkan bahwa komunikasi yang terencana dan tepat sasaran dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan menggabungkan elemen-elemen kunci seperti komunikator yang kredibel, pesan yang jelas, media yang efektif, dan pelibatan khalayak, Majelis Azzahir berhasil menanamkan rasa cinta sholawat pada jamaah rutinan malam Jumat Kliwon
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Komunikasi Publik, Strategi Komunikasi Publik, Rasa Cinta Sholawat, Majelis Taklim. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:40 | ||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:42 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10356 |
Actions (login required)
View Item |