Khoirul Huda, Muhammad (2018) Metode dan materi pendidikan islam dalam novel rindu karya Tere Liye. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penyajian materi pembelajaran Islam dirasakan masih kurang menarik, membosankan, tidak hidup dan tidak menantang. Demikian juga dengan metode, idealnya metode pendidikan Islam adalah rasional, menantang dialogis, observable dan membuka pemikiran peserta didik untuk berpikir ke depan dan mereka merasa terpanggil untuk menghadirkan agama dalam kehidupan bermasyarakat. Novel “Rindu” Karya Tere liye merupakan salah satu novel yang begitu banyak menyuguhi gambaran tentang penerapan metode pendidikan. Jika dicermati dalam novel Rindu tidak hanya menyuguhi muatan pendidikan saja tetapi juga materi pendidikan Islam yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Dalam skripsi ini penulis memaparkan permasalahan tentang bagaimana metode pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye?”, dan bagaimana materi pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye?. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui metode dan materi pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian ini merupakan studi kepustakaan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi dan tahap menganalisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Rindu karya Tere Liye memuat tentang penerapan metode pendidikan Islam antara lain: 1) Metode keteladanan. 2) Metode pemberian ganjaran. 3) Metode ceramah. 4) Metode tanya jawab. 5) Metode diskusi. 6) Metode sorogan. 7) Metode kisah. 8) Metode pemberian tugas. 9) Metode karyawisata. 10) Metode latihan. 11) Metode sosiodrama. 12)Metode demonstrasi. Selain metode pendidikan novel Rindu juga memuat tentang meteri pendidikan pendidikan Islam anatara lain: 1) Akidah, meliputi iman kepada Allah, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada para Nabi dan Rasul Allah, iman kepada kada dan kadar. 2) Syariat, meliputi Ibadah mahdhah di anataranya shalat haji dan adzan dan ghairu mahdhah di antaranya membaca alquran, berdoa, mencari ilmu dan menikah. 3) Akhlak, meliputi Akhlak terhadap Allah SWT. di antaranya ikhlas dan khauf, Akhlak pribadi di antaranya syaja’ah, sabar dan pemaaf dan Akhlak bermasyarakat yakni ukhuwah Islamiyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode, Materi, Pendidikan Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:10 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1037 |
Actions (login required)
View Item |