PENGEMBANGAN MEDIA PERDASAWA (PERMAINAN DAKON AKSARA JAWA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS VI DI MINU BUARAN KOTA PEKALONGAN

Shaefah, Milkhahtus (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERDASAWA (PERMAINAN DAKON AKSARA JAWA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS VI DI MINU BUARAN KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover-Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Bahasa Jawa terutama pada materi aksara Jawa masih dianggap sulit oleh siswa kelas VI di MINU Buaran Kota Pekalongan. Hal ini disebabkan adanya beberapa permasalahan diantaranya siswa mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis aksara Jawa lengkap dengan pasangan dan sandhangannya karena jumlah aksaranya cukup banyak, serta bentuknya yang variatif. Pada pelaksanaannya, media yang sering digunakan guru hanya berupa buku paket Bahasa Jawa saja. Oleh karena itu, pengembangan media Perdasawa (Permainan Dakon Aksara Jawa) menjadi salah satu alternatif media pembelajaran Bahasa Jawa materi aksara Jawa untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa pada siswa kelas VI di MINU Buaran Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dan model penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Subyek penelitian siswa kelas VI sejumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis butir angket kebutuhan guru dan siswa, uji validitas produk oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa serta uji efektivitas yang meliputi uji paired sample t-test dan N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media Perdasawa (Permainan Dakon Aksara Jawa) dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa pada siswa kelas VI di MINU Buaran Kota Pekalongan. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli media sebesar 93%, dan validasi ahli materi sebesar 94% dan ahli bahasa sebesar 93% sehingga masuk ke dalam kategori sangat layak/tidak revisi. Sementara hasil uji coba skala kecil dan besar diketahui bahwa secara umum siswa memberikan respon yang positif terhadap media Perdasawa (Permainan Dakon Aksara Jawa). Berdasarkan hasil uji efektifitas yang meliputi uji paired samplet-test menunjukkan bahwa nilai (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung sebesar 17.742 > t tabel 2.011 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan rata-rata antara pre-test dan post-test dan ada pengaruh penggunaan media Perdasawa (Permainan Dakon Aksara Jawa) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara Jawa pada siswa kelas VI di MINU Buaran Kota Pekalongan. Adapun nilai rata-rata n-gain score sebesar 0,83 atau ≥ 0,7 yang artinya termasuk dalam kriteria efektivitas tinggi. Media Perdasawa (Permainan Dakon Aksara Jawa) ini perlu perbaikan dalam segi ukuran font dan spasi penulisan aksara Jawa yang benar, serta media ini dapat dikembangkan untuk mata pelajaran selain Bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, Susminingsih197502111998032001UNSPECIFIED
Thesis advisorKhasanah, Nur197709262011012004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perdasawa, Membaca dan Menulis Aksara Jawa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jan 2025 07:34
Last Modified: 10 Jan 2025 07:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10380

Actions (login required)

View Item View Item