Analisis Psak No. 109 Di Kantor Layanan Lembaga Amil Zakat, Infaq Dan Shodaqoh Muhammadiyah (Studi Kasus Di Desa Wuled, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan)

Dewiyani, Egidya Safitri (2024) Analisis Psak No. 109 Di Kantor Layanan Lembaga Amil Zakat, Infaq Dan Shodaqoh Muhammadiyah (Studi Kasus Di Desa Wuled, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4317087_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4317087_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4317087_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

KL Lazismu Wuled memiliki tanggung jawab mengelola dana Zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS). Zakat, infaq dan shodaqoh diatur dalam PSAK No.109. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui praktik perlakuan akuntansi pada dana zakat, infak dan shodaqoh di KL Lazismu Wuled serta mengetahui apakah penyusunan laporan telah sesuai dengan PSAK No. 109. Penelitian kualitatif dengan field research ini, dalam proses analisisnya peneliti membandingkan praktik akuntansi zakat yang diterapkan dengan standar PSAK No. 109 dan menentukan seberapa jauh praktik tersebut sesuai dengan standar tersebut. Selain itu peneliti menganalisis bagaimana KL Lazismu Wuled dalam pelaporan keuangannya.Atas hasil yang didapat dari pengumpulan data, peneliti deskripsikan atas teori dalam pedoman dengan praktikya. Hasil dari analisis data dan pembahasannya menunjukan KL Lazismu Wuled belum menerapkan PSAK No. 109 secara keseluruhan. Laporan keuangan seperti neraca, laporan arus kas, laporan perubahan aset, dan CALK belum tersedia melainkan laporananya terbatas pada rekapitulasi laporan perolehan dan pentasyarufan dana ZIS dan Ihsan. Dalam Laporan perolehan dan pentasyarufannya KL Lazismu Wuled juga belum menyertakan penerimaan dan pemakaian atas dana non-halal. Adanya pembaruan teknologi dengan aplikasi SIM-ZISKA untuk KL Lazismu Wuled juga belum dilaksanakan dalam laporannya yang seharusnya hal ini dapat membantu peningkatan kompetensi pengelolaan keuangan, dan pengimplementasian laporan keuangan yang informatif dan reliabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolihah, Ria AnisatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan ZIS, PSAK No. 109, Laporan Keuangan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 05 Aug 2024 09:01
Last Modified: 05 Aug 2024 09:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item View Item