Pengaruh Risiko Litigasi, Intensitas Modal, Financial Distress Dan Cash Flow Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022)

Azizah, Vina Nur (2024) Pengaruh Risiko Litigasi, Intensitas Modal, Financial Distress Dan Cash Flow Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4320083_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4320083_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4320083_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Laporan keuangan merupakan laporan yang harus dibuat secara konsisten oleh perusahaan agar mampu menganalisis kinerja keuangannya dari waktu ke waktu, salah satu konsep dasar yang memandu pencatatan dan pelaporan laporan keuangan adalah konservatisme akuntansi. konservatisme adalah prinsip dalam pelaporan keuangan yang menuntut kehati-hatian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh risiko litigasi, intensitas modal, financial distress dan cash flow terhadap konservatisme akuntansi di perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi berupa laporan keuangan perusahaan dengan menggunakan sampel sebanyak 8 perusahaan selama 5 tahun (2018-2022). Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa risiko litigasi dan intensitas modal tidak berpengaruh positif terhadap konsrvatisme akuntansi, financial distress tidak berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan cash flow berpengaruh positif terhadap konservatisme akuntansi. Kemudian secara simultan risiko litigasi, intensitas modal, financial distress dan cash flow berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi di perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNingtyas, Jilma Dewi AyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Risiko Litigasi, Intensitas Modal, Financial Distress, Cash Flow Dan Konservatisme Akuntansi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:19
Last Modified: 07 Aug 2024 08:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10423

Actions (login required)

View Item View Item