Implementasi Bimbingan Rohani Islam Dalam Mengembangkan Kemampuan Pengendalian Emosi Remaja Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Pekajangan

Mahardini, Nissa (2021) Implementasi Bimbingan Rohani Islam Dalam Mengembangkan Kemampuan Pengendalian Emosi Remaja Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Pekajangan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517077-Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3517077-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3517077-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nissa Mahardini, (2021). Implementasi Bimbingan Rohani Islam dalam mengembangkan kemampuan pengendalian emosi remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Pekajangan. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing : Maskhur, M. Ag. . Latar belakang penelitian ini dikarenakan remaja memiliki banyak keinginan dan harus terpenuhi apa yang di inginkannya tanpa berfikir panjang, mereka cenderung tidak mampu mengendalikan emosi dirinya. hal ini akan menghadapkan permasalahan yang rumit. Ada beberapa faktor yang menyebabkan remaja tidak mampu mengendalikan emosi, diantaranya yaitu kurang mengembangkan sikap optimis, menutup diri, cemas secara berlebihan, dan kurang mandiri. Untuk mengembangkan kemampuan pengendalian emosi tersebut Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Pekajangan mengadakan kegiatan Bimbingan Rohani Islam. Kegiatan bimbingan rohani Islam ini berupaya agar remaja mampu berperilaku baik dengan mampu mengendalikan emosi dirinya dan bisa bermanfaat untuk orang lain yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi bimbingan rohani Islam dalam mengembangkan kemampuan pengendalian emosi remaja Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Pekajangan. Mengetahui kemampuan pengendalian emosi remaja Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Pekajangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya : wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa, bimbingan rohani Islam merupakan proses yang bertujuan untuk membimbing, mengajarkan atau menyarankan cara untuk mencapai ke arah yang lebih baik berdasarkan syari’at Islam yang berfokus pada aspek kerohanian manusia. Terdapat 3 tahap di dalam pelaksanaannya. Implementasi bimbingan rohani Islam dalam mengembangkan kemampuan pengendalian emosi remaja berjalan setiap hari dengan waktu yang tidak terjadwal. Adapun kemampuan pengendalian emosi remaja mengalami perkembangan karena mampu mengendalikan emosi marah dengan baik, bisa merasakan perasaan sedih, dan berfikir positif terhadap perasaan diri sendiri maupun orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi Bimbingan Rohani Islam, kemampuan pengendalian emosi
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 16 Aug 2024 09:22
Last Modified: 16 Aug 2024 09:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10461

Actions (login required)

View Item View Item