Sari, Winda (2022) Implementasi Bimbingan Konseling dengan Teknik Hypnolearning untuk Mengatasi Burnout Belajar Siswa di MTs Ma’hadul Muta’allimin Sidorejo Comal. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
Text
3517007-Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
3517007-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
3517007-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini bahwa burnout belajar banyak dialami pada berbagai kalangan tidak terkecuali siswa di MTs Ma’hadul Muta’allimin. Adanya burnout belajar siswa tentunya menyebabkan aktivitas siswa menjadi terganggu dalam belajarnya. Implementasi bimbingan konseling dengan teknik hypnolearning di MTs Ma’hadul Muta’allimin diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran siswa agar berminat belajar pada siswa sehingga mampu belajar dengan baik dan mencapai hasil yang maksimal. Rumusan masalah yang diungkap adalah bagaimana kondisi burnout belajar siswa, implementasi bimbingan konseling dengan teknik hypnolearning untuk mengatasi burnout belajar siswa, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi bimbingan konseling dengan teknik hypnolearning untuk mengatasi burnout belajar siswa di MTs Ma’hadul Muta’allimin Sidorejo Comal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan untuk mengetahui kondisi burnout belajar siswa, implementasi bimbingan konseling dengan teknik hypnolearning, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi bimbingan konseling dengan teknik hypnolearning untuk mengatasi burnout belajar siswa. Kegunaan penelitian ini untuk memberi informasi mengenai implementasi bimbingan konseling dengan teknik hypnolearning untuk mengatasi burnout belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan. Analisis dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: burnout belajar di tandai dengan perilaku siswa yang cenderung malas belajar, tidak memperhatikan guru saat pembelajaran, siswa cemas menghadapi mata pelajaran sulit, serta siswa tidak disiplin. Untuk implementasi bimbingan konseling dengan teknik hypnolearning di MTs Ma’hadul Muta’allimin berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar siswa menjadi lebih baik dari sebelum adanya layanan bimbingan konseling walaupun tidak signifikan. Adapun faktor pendukung implementasi bimbingan dengan teknik hypnolearning yaitu layanan bimbingan konseling mendapat dukungan oleh semua pihak sekolah yang terkait, dan guru BK sudah berpengalaman. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang pemahaman dan kesadaran siswa pentingnya bimbingan konseling dengan teknik hypnolearning, kurangnya tenaga pembimbing dan sarana prasarana yang kurang memadai
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling, Teknik Hypnolearning, dan Burnout Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2024 02:29 | ||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 02:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10473 |
Actions (login required)
View Item |