Maulidya, Nur Khamidah (2023) Bimbingan Qur’ani Pada Anak Hiperaktif Untuk Menumbuhkan Kesadaran Belajar Baca Tulis Al-Qur’an di Rumah Marbel Pintar Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2041116061-Bab 1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
2041116061-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Anak hiperaktif adalah anak yang memiliki daya konsentrasi rendah dan tidak dapat diajak berfikir terlalu berat. Anak hiperaktif juga tidak memiliki kesadaran beljar Kesadaran belajar merupakan dorongan dari dalam individu anak agar mendapatkan perubahan tingkah laku pada umumnya. Dari hal tersebut membaca dan menulis al-Qur’an pada anak hiperaktif perlu mendapat perhatian yang lebih dari guru pembimbing. Penggunaan metode bimbingan qur’ani yang tepat untuk membuat anak hiperaktif sadar membaca dan menulis huruf al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kesadaran belajar baca tulis al-qur’an pada anak hiperaktif di rumah marbel pintar tegal, 2) Bagaimana implementasi bimbingan qur’ani dalam menumbuhkan kesadaran belajar baca tulis al-qur’an anak hiperaktif di rumah marbel pintar tegal. Tujuan dilakukan penelitian ini untu mengetahui kesadaran baca tulis al-Qur’an pada anak hiperaktif di rumah marbel pintar tegal. Mengetahui implementasi bimbingan qur’ani dalam menumbuhkan kesadaran baca tulis al-qur’an anak hiperaktif di rumah marbel pintar tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan psikologis. Sumber datanya menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer yaitu pembimbing, anak hiperaktif, orang tua anak hiperaktif di Rumah Marbel Pintar Tegal dan sumber data sekunder yaitu arsip arsip yang berkaitan erat dengan kesadaran belajar anak hiperaktif di Rumah Marbel Pintar Tegal. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak hiperaktif sebelum diberikan bimbingan qur’ani tidak memiliki kesadaran belajar baca tulis al-Qur’an. Sedangkan setelah diberikan bimbingan qur’ani memiliki kesadaran baca tulis al Qur’an. Implementasi bimbingan qur’ani yang dilakukan dengan beberapa metode tahapam yaitu tilawah, ta’limah, tazkiah dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Hiperaktif, Kesadaran Belajar Baca Tulis Al-Qur’an | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2024 07:58 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2024 07:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10542 |
Actions (login required)
View Item |