Lestari Ayu, Ainun (2022) Pelaksanaan Konseling Behavioral Dengan Teknik Penguatan Positif Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Bagi Anak Slow Learner Di SLB Negeri Slawi. Skripsi S1 Bimbingan Penyuluhan Islam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
Text
3518015-Bab1&5.pdf Download (1MB) |
|
Text
3518015-fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
3518015-lampiran.pdf Download (601kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anak slow learner yang mengalami kurang percaya diri, terutama dibidang akademik. Salah satunya adalah keaktifan siswa saat pembelajaran di kelas masih kurang, misalnya dalam mengerjakan soal lebih mencontek ke jawaban temannya. Jika diminta untuk maju ke depan kelas banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal, ragu-ragu jika menjawab pertanyaan dari guru, sering berkata tidak bisa sebelum mencoba berpendapat, dan ada juga siswa yang suka menyendiri serta sering mengalami kecemasan dan inilah yang menjadi permasalahan saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak slow learner. Rumusan masalah pada penelitian yang dilakukan adalah (1) Bagaimana pelaksanaan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif dalam menumbuhkan kepercayaan diri bagi anak slow learner di SLB Negeri Slawi? (2) Bagaimana kepercayaan diri anak slow learner setelah pelaksanaan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif di SLB Negeri Slawi? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeksripsikan fenomena-fenomena yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif yang diberikan pada anak slow learner dalam menumbuhkan kepercayaan diri meliputi ada beberapa tahapan yaitu tahap assesmen, menentukan tujuan, mengimplementasikan teknik, evaluasi dan pengakhiran. Kemudian setelah anak slow learner mengikuti pelaksanaan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif anak slow learner sudah mampu bersikap percaya diri dan lebih baik, dari pada sebelumnya. Sekarang anak slow learner lebih memahami dirinya, anak slow learner menjadi mau mengikuti disetiap pembelajaran. Mereka sudah berani mengutarakan pendapat, sudah mau bergaul dengan teman-temannya dan anak slow learner mulai menyesuaikan diri di lingkungan sekolahnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Konseling Behavioral dengan Teknik Penguatan positif dan Kepercayaan Diri Anak Slow Learner | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:03 | ||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10557 |
Actions (login required)
View Item |