Motivasi belajar siswa MTS Nurul Qomar Kergon Pekalongan dalam keluarga broken home

Mufida, Mariya (2015) Motivasi belajar siswa MTS Nurul Qomar Kergon Pekalongan dalam keluarga broken home. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111047 MARIYA MUFIDA I , V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2021111047 MARIYA MUFIDA FULL TEXT (2).PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seserang bertingkah laku. Prilaku belajar siswa muncul tidak terlepas dari adanya motivasi yang ada di dalam dirinya dan di luar dirinya seperti lingkungan keh rga. Keluarga merupakan pemberi motivasi yang terbesar bagi siswa. Jika di /(dalam keluarga seorang siswa mengalami ketidak harmonisan atau yang biasa [dikenal dengan broken home, tentunya sedikit banyak mempengaruhi motiv; belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa tersebut bisa berdampak pula. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa MTs Nurul Qomar Kergon Pekalongan lam keluarga broken home, faktor-faktor apa yang mendukung dan menghpmbat motivasi belajar siswa MTs Nurul Qomar Kergon Pekalongan dalam teluarga broken home. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa MTs Nurul QomarKergon Pekalongan dalam keluarja broken home dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menduk:ung d n menghambat motivasi belajar siswa MTs Nuru! Qomar Kergon Pekalongan lalam keluarga broken home. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk kegunaan teoritis, sebagai sumbangan pemikiran agar dapat dijadikan pedoma untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswanya, menambah wawasan dad pengetahuan, terutama tentang motivasi belajar untuk siswa. Untuk kegunaan ktisnya, secara akadermis memberikan kontribusi tentang pentingnya meningk tkan motivasi belajar siswa dan secara kelembagaan, penelitian ini berguna bagi peningkatan motivasi belajar siswa. Untuk metode penelitian, pendekatan yang digunakan ad kualitatif, dan jenis penelitian lapangan (feld research). Karen termasuk jenis penelitian lapangan (field research), maka tekni} pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, ohservasi dan metode dokumentasi. Untuk metode analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan langkah-langkah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi d penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh kesimpulan belajar siswa MTs Nurul Qomar Kergon Pekalongan dalam keluar sangat bervariasi yaitu ada yang tinggi, sedang dan rendah, motivzisi yang mereka miliki didasari oleh alasan yang muncul dari dalam dirinya. D@lam penelitian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa faktor pendukung otivasi belajar siswa meliputi Harapan orang tua/wali dan harapan dari sisw; broken home, orang tua/wali. Dari hal-hal ini, siswa mam pu meningkatk motivasi belajar mereka. Selain faktor pendukung, ada juga faktor pengham ba motivasi belajar siswa MTs Nurul Qomar Kergon Pekalongan dalam keluarga roken home yaitu kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua, sosial ekonomi keluarga dan keadaan fisiologis anak. Semua itu bisa menghambat motivasi elajar siswa yang broken home.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Siswa, Keluarga Broken Home
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 17 Sep 2024 09:42
Last Modified: 17 Sep 2024 09:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10633

Actions (login required)

View Item View Item