Ayuningtyas, Andria (2015) Korelasi kompetensi kepribadian Guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswi SMP Muhammadyah Pekajangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111056 ANDRIA AYUNINGTYAS BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (11MB) |
|
Text
2021111056 ANDRIA AYUNINGTYAS BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (30MB) |
Abstract
Pada SMP Muhammadiyah Pekajangan kompetensi kepribadian guru di sana baik. Guru sangat sabar dalam menghadapi murid-murid dalam proses pembelajaran di dalam maupun di luar kegiatan belajar mengajar. Mereka telah memberikan yang terbaik untuk siswanya, namun pada kenyataannya motivasi siswa masih kurang dalam pembelajaran agama Islam. Dengan demikian peneliti mengambil judul "Korelasi Kompetensi Kepribadian Guru PAI dengan Motivasi Belajar PAI Siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI smp muhammadiyah Pekajangan Pekalongan?, Bagaimana motivasi belajar PAI siswa smp muhammadiyah Pekajangan Pekalongan?,dan Apakah ada korelasi kompetensi guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa di smp muhammadiyah Pekajangan Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru PAI SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan juga untuk mendeskripsikan motivasi belajar PAI siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Dan untuk mendeskripsikan adanya korelasi kompetensi kepribadian guru PAI dengan motivasi belajar PAI siswa di SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Penelitian termasuk jenis penelitian Japangan (field researhc). Dengan mengguakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya mengunakan teknik analisis korelasi product moment. Dari basil penelitian ini diperoleh kompetensi kepribadian guru PAI SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan tennasuk dalam kategori sangat tinggi, ha] ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata angket sebesar 61 berada di interval 59.-72. Kemudian, motivasi belajar PAI siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan tennasuk dalam kategori tinggi, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata angket sebesar 58 berada di interval 47-61. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai rgsebesar 0,433 > 1%a1 0,213. Dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,40 - 0,599, yang termasuk dalam kategori cukup. Terdapat nilai dalam kp (kontribusi persen) sebesar 18,75% yang artinya korelasi variabel x (kompetensi kepribadian guru PAI) terhadap variabel y (motivasi belajar PAI siswa) sebesar 18,75% dan 81,25% ditentukan oleh variabel lain. Dengan basil hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima dengann kriteria keputusan yang diambil berdasarkan nilai probabilitasnya adalah ''jika probabilitas (sig)> a, maka Ha diterima" maka hipotesis yang penulis ajukan diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi kepribadian guru, Motivasi belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2024 09:38 | ||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2024 09:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10635 |
Actions (login required)
View Item |