Religiositas Memoderasi Pengaruh Flash Sale Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Gen Z Pada Shopee Di Desa Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang

Silvi, Cinsin Vanesa (2024) Religiositas Memoderasi Pengaruh Flash Sale Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Gen Z Pada Shopee Di Desa Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
FULL TEXT_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4119110_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
4119110_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penggunaan internet di Indonesia mencapai 78,19%, melibatkan 215.626.156 jiwa dari total penduduk sekitar 275.773.901 jiwa. E-commerce, sebagai sarana transaksi perdagangan menggunakan media online yang memanfaatkan teknologi internet, menjadi semakin populer. E-commerce memungkinkan proses transaksi jual-beli secara online, yang berbeda dengan belanja konvensional. Salah satu platform e-commerce yang sedang populer adalah Shopee, yang menggunakan strategi khusus seperti program flash sale. Prinsip dari flash sale ini cenderung fokus pada penjualan barang yang kurang diminati pada waktu tertentu, mendorong pembelian impulsif atau pembelian spontan oleh konsumen. Selain itu, faktor agama (religiositas) dan pandangan hidup seseorang juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian atau konsumsi barang. Studi ini menyoroti masyarakat Desa Samong, dimana individu yang ingin terlihat up-to-date termotivasi untuk menemukan cara agar penampilan mereka mencerminkan kekinian dan meningkatkan rasa percaya diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui apakah religiositas dapat memoderasi pengaruh flash sale dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior konsumen gen z di Desa Samong, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan atau survei dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan sampel sebanyak 96 responden dan metode library research. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner sampling dengan rumus lemeshow. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan moderasi dengan bantuan IBM SPSS versi 26.0 Flash sale (X1) berpengaruh positif serta signifikan terhadap Impulse buying behavior (Y) konsumen gen Z pada Shopee. Fashion Involvement (X2) berpengaruh positif serta signifikan terhadap Impulse buying behavior (Y) konsumen gen Z pada Shopee. Religiositas (Z) tidak dapat memoderasi pengaruh flash sale (X1) Impulse buying behavior (Y) konsumen gen Z pada Shopee. Religiositas (Z) tidak dapat memoderasi pengaruh Fashion Involvement (X2) terhadap Impulse buying behavior (Y) konsumen gen Z pada Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEffendi, BahtiarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Flash Sale, Fashion Involvement, Impulse Buying Behavior, Religiositas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 16 Oct 2024 08:03
Last Modified: 16 Oct 2024 08:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10677

Actions (login required)

View Item View Item