Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika di MIS Simbang Kulon 02 Buaran Pekalongan

Sahila, Naili (2017) Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika di MIS Simbang Kulon 02 Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalogan.ac.id/

Abstract

Kreativitas Guru adalah seorang pendidik yang memiliki kemampuan untuk berpikir, kemampuan untuk memberikan gagasan baru sehingga menghasilkan kelancaran dalam pembelajaran. Dalam suatu pembelajaran seorang guru harus memiliki kreativitas agar meningkatkan prestasi belajar siswa dalam kegiatan belajar supaya siswa tidak jenuh dan lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Belajar adalah sebuah proses yang memungkinkan seseorang memperoleh dan membentuk kompetisi, keterampilan, dan sikap yang baru. Adapun prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari penilaian belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf, maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak. Peneliti mengajukan permasalahan tentang kreativitas guru dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar Matematika di MIS Simbang Kulon 02 Buaran Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan atau field research. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Dan untuk menganalisis hasil penelitiannya, peneliti menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dapat dilihat pada taraf dari hasil perhitungan didapat Fhitung = 6,2036 dan Ftabel 0,05 = 4,07 sehingga Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pada tingkat signifikan 0,05 terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa di MIS Simbang Kulon 02 Buaran Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:13
Last Modified: 10 Nov 2020 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item