Etika Bermedia Sosial Ibu Rumah Tangga (Kajian Tematik Hadis-hadis dalam Shahih Bukhari dan Muslim)

Ul-Husna, Tsaniya Nisa (2024) Etika Bermedia Sosial Ibu Rumah Tangga (Kajian Tematik Hadis-hadis dalam Shahih Bukhari dan Muslim). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3220016_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (753kB)
[img] Text
3220016_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi yang memberikan segudang informasi terhadap manusia, maka tidak sedikit masyarakat yang menggunakan teknologi canggih ini. Seperti halnya dalam bermedia sosial masyarakat menggunakan teknologi berupa gadget, karena di samping mudah juga sangat praktis untuk sekedar bertegur sapa dalam media sosial. Meskipun dengan media online, tetapi etika tetaplah menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam penggunaannya dalam bermedia sosial. Terutama ibu rumah tangga yang hidup di zaman yang canggih ini. Namun demikian, semakin canggihnya banyak yang mengesampingkan etika bermedia sosial. Salah satu problemnya yaitu terlalu banyak waktu di media sosial dapat mengganggu hubungan suami-istri, menciptakan jarak emosional dan mengurangi kualitas waktu yang dihabiskan bersama dan ibu rumah tangga sering membandingkan kehidupan mereka dengan gambar dan postingan orang lain yang tampak sempurna yang memamerkan sesuatu atau dengan kata lain iri dengki Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana etika bermedia sosial ibu rumah tangga dalam hadis-hadis Shahih Bukhari dan Muslim?; Adapun tujuan penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui etika ibu rumah tangga bermedia sosial dalam hadis shahih Bukhari dan Muslim. Adapun manfaat penelitian ini diantaranya yaitu diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan dalam bidang hadis dan sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya, terutama tentang etika bagi ibu rumah tangga dalam bermedia sosial. Jenis penelitian ini adalah library research. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pendekatan tematik atau mauḏû’ȋ. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data literal, yaitu menelusuri bahan-bahan pustaka yang searah dengan objek kajian Adapun analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Dari fokus penelitian penulis, ada beberapa hadis tentang etika bermedia sosial dalam Shahih Bukhari dan Muslim. Simpulan hasil kajian ini menunjukkan: analisis beberapa hadis tentang etika bermedia sosial dalam Shahih Bukhari dan Muslim, yaitu hadis tentang menjaga lisan dalam berkomunikasi, hadis larangan namiah, hadis tentang menjaga aurat, hadis tentang tabyyun, hadis tentang jujur dan larangan bohong, dan hadis tentang larangan sombong. Selain itu juga menganalisis tentang urgensi dari etika bermedia sosial, dan penerapan etika bermedia sosial dalam sehari-hari. Hal ini menjadi poin penting dalam bermedia sosial sehingga tidak menyalahgunakan media sosial dalam kehidupan, karena yang menjadi hal penting ini karena hadisnya shahih.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuna, Arif ChasanulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika, Media Sosial, Tematik, Hadis.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X2.1 Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Ilmu Hadist
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:13
Last Modified: 21 Oct 2024 03:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10834

Actions (login required)

View Item View Item