Maesaroh, Maesaroh (2017) Pengaruh Kreativitas Guru dalam Mengajar terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV MSI 02 Keputran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kreativitas bukanlah dominasi individu dari tingkatan sosial dan umur. Semua orang mempunyai hak yang sama dalam mengembangkan kreativitasnya. Potensi yang ada pada manusia harus dikembangkan sebaik-baiknya yang dimulai dari diri sendiri kemudian diajarkan kepada orang lain. Dalam hal in sebagai seorang guru harus bisa mengembangkan kreativitas yang dimiliki sehingga mampu membangkitkan minat belajar matematika siswa. Berdasarkan pemikiran di atas, maka peneliti merumuskan beberapa masalah yaitu bagaimana kreativitas guru matematika di MSI 02 Keputran Pekalongan?, bagaimana minat belajar matematika siswa kelas IV di MSI 02 Keputran Pekalongan? Dan bagaimana pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV MSI 02 Keputran Pekalongan?. Tujuannya ingin mengetahui kreativitas guru di MSI 02 Keputran Pekalongan, ingin mengetahui minat belajar matesiswa kelas IV di MSI 02 Keputran Pekalongan dan ingin mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV di MSI 02 Keputran Pekalongan. Kegunaannya secara teoritis diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi pendidik atau guru khususnya tentang kreativitas guru dan secara praktis diharapkan jadi masukan diharapkan dapat menjadi masukan bagi instansi di MSI 02 Keputran Pekalongan dan sebagai bahan masukan kepada pihk terkait dengan masalah ini. Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV di MSI 02 Keputran Pekalongan, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Adapun data-data yang perlu digali dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) kreativitas guru di MSI 02 Keputran Pekalongan masuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata = 60 yang berada pada interval 56-60 dengan prosentase 50%. (2) minat belajar matematika siswa kelas IV di MSI 02 Keputran Pekalongan masuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata = 74,6 yang berada pada interval 75-77 dengan prosentase 30%. (3) hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan kreativitas guru dalam mengajar terhadap minat belajar matematika di MSI 02 Keputran Pekalongan. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan statistik, dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana hasilnya diperoleh nilai F hitung (t_hitung) sebesar 5,30498. Sedangkan statistik tabel data dicari pada tabel F : tingkat signifikan 5% atau derajat kebebasan adalah n-2 atau 30-2 = 28. Kemudian dari tabel F, didapat angka 2,048. Oleh karena itu F_hitung = 5,30498 > F_tabel = 2,048, kemudian pada perhitungan koefisien determinasi terdapat 60,80% pengaruh dari variabel (x) terhadap variabel (Y) dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan minat belajar matematika siswa kelas IV di MSI 02 Keputran Pekalongan. Dengan demikian H_a diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru Matematika, Minat Belajar Matematika Kelas IV | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Nuzulul Nuzulul | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:13 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1088 |
Actions (login required)
View Item |