Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Sikap Toleransi Di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Shodikun, Shodikun (2024) Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Sikap Toleransi Di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50222046_COVER_BAB I DAN BAB VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50222046_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
50222046_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam membina sikap toleransi di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam membina sikap toleransi di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Wiradesa, Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam membina sikap toleransi di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Wiradesa, Kabupaten Pekalongan? Dan (3) Bagaimana evaluasi implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam membina sikap toleransi di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Wiradesa, Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk memganalisis perencanaan; (2) Untuk memganalisis pelaksanaan; dan (3) Untuk memganalisis evaluasi implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam membina sikap toleransi di Pondok Pesantren Ibnu Abbas Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologi yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data nya mengguakan triangulasi yaitu Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Pondok Pesantren Ibnu Abbas merencanakan dan menerapkan strategi efektif dalam kurikulum pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan sikap toleransi di kalangan santri. Pendekatan ini mencakup penggabungan aspek doktrinal dan nilai-nilai karakter, dengan metode pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif seperti diskusi kelompok dan proyek bersama, serta keterlibatan tokoh agama yang mendukung toleransi. (2) Kurikulum ini dirancang untuk memberikan pemahaman Islam yang inklusif, mengajarkan pluralitas agama, dan mendorong dialog antarkeyakinan, memperkuat pemahaman agama sambil membangun sikap saling menghormati dan menerima perbedaan. (3) Evaluasi dari penerapan ini menunjukkan dampak positif yang signifikan dalam membentuk sikap toleransi, membuka ruang untuk diskusi antaragama, dan mempromosikan kehidupan damai dalam masyarakat multikultural,menghasilkan generasi santri yang kuat secara spiritual dan berkomitmen terhadap harmoni sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohyana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulim, Pendidikan Agama Islam, Toleransi, Pondok Pesantren.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:13
Last Modified: 30 Oct 2024 07:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10926

Actions (login required)

View Item View Item