Pola Komunikasi Orang Tua Beda Agama Bagi Pendidikan Anak Dalam Keluarga (Studi Kasus Kelurahan Poncol, Pekalongan Timur)

Ashari, Tiara Reza Putri (2024) Pola Komunikasi Orang Tua Beda Agama Bagi Pendidikan Anak Dalam Keluarga (Studi Kasus Kelurahan Poncol, Pekalongan Timur). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419039_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (500kB)
[img] Text
3419039_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keluarga adalah unit terkecil yang beranggotakan dua orang atau lebih disatukan karena kelahiran, perkawinan serta hidup bersama. Keluarga beda agama merupakan keluarga yang terdiri dari perwakilan agama yang berbeda. Tujuan terciptanya sebuah keluarga lebih dari sekedar meneruskan silsilah keluarga, melainkan keinginan untuk mencapai keharmonisan. Komunikasi merupakan faktor penting dalam suatu hubungan, juga dalam hubungan keluarga. Setiap keluarga mempunyai model komunikasinya masing-masing, termasuk keluarga yang berbeda agama. Pola komunikasi yang dianut setiap keluarga yang saling mempengaruhi termasuk terciptanya keharmonisan dalam keluarga yang berbeda agama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pola komunikasi orang tua beda agama bagi pendidikan anak dalam keluarga dan bagaimana problematika pola komunikasi orang tua beda agama bagi pendidikan anak dalam keluarga. Jenis penelitian yang digunakan peneliti menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif berusaha menjelaskan suatu fenomena dari bentuk, fungsi, sifat, perubahan, hubungan, persamaan, dan lain-lain. Termasuk guna menggambarkan informasi tentang fenomena atau proses dan tidak diajukan dalam rangka menjawab sebuah hipotesis. Data hasil penelitian didapatkan dari hasil observasi dan wawancara dari keluarga yang berbeda agama dan masyarakat sekitar dilingkungan tersebut, serta data informasi tambahan berupa buku Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekalongan, buku Rencana Stategis Kecamatan Pekalongan Timur 2021-2026, dan buku Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan. Hasil penelitian ini yaitu keluarga yang berbeda agama memberikan pendidikan formal atau pendidikan agamanya menggunakan pola komunikasi interpersonal dan pola komunikasi kelompok di mana komunikasai interpersonal tersebut untuk komunikasi di dalam lingkup keluarga dan komunikasi kelompok komunikasi yang digunakan diluar lingkup keluarga, di masyarakat sekitar contohnya. Adapun problematikanya berupa faktor internal berupa keterbatasan ekonomi, kurangnya waktu dan akses, stress dan kelelahan, kurang memahami satu sama lain, dan kurang pemahaman tentang akhlak dan moral. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu pengaruh lingkungan keluarga, pengaruh lingkungan instituasional, dan pengaruh lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Orang Tua Beda Agama, Pendidikan Anak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59 Pers dan Media Massa Islam di Lokasi Tertentu
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 31 Oct 2024 07:14
Last Modified: 31 Oct 2024 07:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10942

Actions (login required)

View Item View Item