Penerapan teknik punishment untuk mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah siswa di MAN 2 Kota Pekalongan

Damayanti, Kharimah (2024) Penerapan teknik punishment untuk mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah siswa di MAN 2 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520006_Bab I dan Bab V.pdf

Download (938kB)
[img] Text
3520006_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3520006_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perilaku terlambat masuk sekolah berarti salah satu bentuk perilaku ketidakmampuan siswa untuk berada di waktu yang tepat. Perilaku terlambat dapat menimbulkan adanya dampak yang cukup signifikan pada diri siswa. Siswa yang terlambat masuk sekolah, akan tertinggal materi pembelajaran yang sedang berlangsung di dalam kelas. Hal ini, apabila kebiasaan perilaku terlambat masuk sekolah terus – menerus dilakukan berulang kali, maka dapat menimbulkan dampak yang cukup berpengaruh pada akademik siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru BK MAN 2 Kota Pekalongan menerapkan adanya teknik punishment yang dapat menimbulkan efek jera bagi siswa untuk tidak mengulangi perilaku yang sama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah terkait perilaku terlambat masuk sekolah siswa di MAN 2 Kota Pekalongan dan penerapan teknik punishment untuk mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah siswa di MAN 2 Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku terlambat masuk sekolah dan untuk mengetahui penerapan teknik punishment di MAN 2 Kota Pekalongan. Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat berguna secara teoritis dan praktis. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif Lexy J. Moleong untuk mendeskripsikan terkait fenomena atau permasalahan yang diteliti dalam bentuk kata-kata tertulis maupun lisan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku terlambat masuk sekolah siswa disebakan karena adanya faktor pribadi seperti bangun kesiangan, jarak rumah yang jauh dari sekolah dan menunggu teman. Dari penyebab tersebut, siswa menunjukkan ciri-ciri perilaku terlambat seperti masuk sekolah setelah waktu pembelajaran dimulai yang menimbulkan dampak seperti kesulitan belajar karena tertinggal pembelajaran. Pada penerapan teknik punishment menunjukkan bahwa siswa yang terlambat masuk sekolah mendapatkan jenis dan bentuk punishment yang berbeda dengan ditinjau dari seberapa seringnya siswa terlambat. Jenis punishment yang diterapkan berupa punishment menulis cerita, menulis surah juz amma dan menghafal surah juz amma. Sedangkan, bentuk punishment yang diterapkan adalah bentuk isyarat, teguran dan perbuatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, Nadhifatuz198512222015032003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknik Punishment, Perilaku Terlambat Masuk Sekolah
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:08
Last Modified: 04 Nov 2024 07:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10965

Actions (login required)

View Item View Item