Studi Komparatif Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Tingkatan Satu Sekolah Menengah Pertama Kurikulum Pendidikan Antara Indonesia Dan Malaysia

Rizqoh, Miftakhur (2024) Studi Komparatif Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Tingkatan Satu Sekolah Menengah Pertama Kurikulum Pendidikan Antara Indonesia Dan Malaysia. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620111_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620111_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2620111_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran matematika pada sistem pendidikan di Malaysia. Oleh karena itu dibutuhkan perbandingan evaluasi pembelajaran matematika pada kurikulum pendidikan antara Indonesia dan Malaysia supaya dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil kebijakan guna meningkatkan kurikulum pendidikan matematika di Indonesia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) bagaimana evaluasi pembelajaran matematika pada tingkatan satu Sekolah Menengah Pertama kurikulum pendidikan di Indonesia dan Malaysia? ; dan (2) Apakah terdapat perbedaan evaluasi pembelajaran matematika pada tingkatan satu Sekolah Menengah Pertama kurikulum pendidikan antara Indonesia dan Malaysia?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui evaluasi pembelajaran matematika pada tingkatan satu Sekolah Menengah Pertama kurikulum pendidikan di Indonesia dan Malaysia; dan (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan evaluasi pembelajaran matematika pada tingkatan satu Sekolah Menengah Pertama kurikulum pendidikan antara Indonesia dan Malaysia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tehnik pengumpulan datanya menggunakan metode Library Research yang sumber utamanya berasal dari buku, jurnal, artikel, ensiklopedia, dan sumber lainnya. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaaan evaluasi pembelajaran matematika pada tingkatan satu Sekolah Menengah Pertama dalam kurikulum merdeka di Indonesia dan Kurikulum Standart Sekolah Menengah (KSSM) di Malaysia yang meliputi: perbedaan (1) penggunaan istilah evaluasi, di Indonesia dikenal dengan asesmen, adapun di Malaysia dikenal dengan pentaksiran sekolah; (2) soal evaluasi di Indonesia menggunakan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia, sedangkan di Malaysia menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Melayu dan Inggris; (3) bentuk soal evaluasi akhir semester di Malaysia lebih bervariasi dibandingkan dengan Indonesia; (4) pembuatan soal evaluasi akhir semester di Indonesia berdasarkan kebijakan MGMP matematika, sedangkan di Malaysia berdasarkan kebijakan guru yang disesuaikan dengan arahan kementerian pendidikan Malaysia; (5) lembar soal evaluasi semester di Indonesia tidak diberikan halaman rumus, sedangkan di Malaysia diberikan halaman rumus; (6) evaluasi matematika di Indonesia tidak diperkenankan menggunakan kalkulator, sedangkan di Malaysia diwajibkan; dan (7) Indonesia lebih banyak menggunakan evaluasi sumatif daripada formatif, sebaliknya Malaysia lebih banyak menggunakan evaluasi formatif daripada sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kurikulum, Matematika, Indonesia, Malaysia.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 05 Nov 2024 01:18
Last Modified: 05 Nov 2024 01:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item