Pradana, Gangga Bramantya (2024) Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Pemecahan Masalah dengan Teknik Creative Visualization terhadap Tingkat Kemampuan Geometri Siswa Kelas VIII SMP Islam Wonopringgo Berdasarkan Teori Van Hiele. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2620020_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (667kB) |
|
Text
2620020_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kesulitan siswa dalam memahami konsep geometri, khususnya pada materi teorema Pythagoras maupun pada materi bangun datar dan bangun ruang, mendorong perlunya inovasi dalam metode pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini terbagi menjadi dua, pertama bagaimana pola perkembangan tingkat kemampuan geometri siswa pada setiap tahap teori Van Hiele setelah mengikuti pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah dengan teknik Creative Visualization Visualization (kelas eksperimen) dan pembelajaran konvensional (kelas kontrol), dan kedua apakah terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan tingkat kemampuan geometri siswa antara kelompok yang mengikuti pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah dengan teknik Creative Visualization dan kelompok yang mengikuti pembelajaran konvensional. Tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui pola perkembangan dan perbedaan signifikan kemampuan geometri siswa pada setiap tahap teori Van Hiele antara kelompok yang belajar dengan teknik Creative Visualization dalam Problem Based Learning dan kelompok pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik Creative Visualization dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan geometri berdasarkan lima tahap berpikir Van Hiele. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan geometri antara kedua kelompok. Siswa di kelas eksperimen, yang menggunakan teknik Creative Visualization, sebagian besar mencapai tingkat deduksi (Level 3) dan beberapa mencapai rigor (Level 4), mencerminkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep geometri. Sebaliknya, di kelas kontrol, siswa mengalami peningkatan terbatas, sebagian besar hanya naik satu atau dua level dalam teori Van Hiele, mayoritas berada pada level deduksi informal (Level 2) dengan sedikit yang mencapai tingkat deduksi (Level 3) dan hampir tidak ada yang mencapai rigor (Level 4). Teknik Creative Visualization terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri secara mendalam.Dengan demikian, teknik Creative Visualization terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan geometri siswa dan dapat dijadikan metode alternatif dalam pembelajaran geometri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Creative Visualization, kemampuan geometri, teorema Pythagoras, teori Van Hiele | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2024 06:54 | ||||||||
Last Modified: | 04 Nov 2024 06:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/10997 |
Actions (login required)
View Item |