Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengurangi Trauma Korban Bullying Di Man 2 Kota Pekalongan

Kartika, Candra Pramudya Intan (2024) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengurangi Trauma Korban Bullying Di Man 2 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520028_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3520028_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3520028_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kartika, Candra Pramudya Intan. 2024. Peran Guru Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengurangi Trauma Korban Bullying Di MAN 2 Kota Pekalongan. Skripsi. Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah UIN K.H. Abbdurahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Maskhur, M.Ag ,Trauma akibat bullying akan membuat dampak yang buruk bagi korban bullying seperti akan merasa bahwa dirinya itu selalu ketakutan, merasa dirinya gelisah, kecemasan selalu menghampirinya seakan-akan dia merasa bahwa dirinya tidak berguna serta perilaku yang tidak terkontrol pun akan muncul seketika pada diri korban. Shapiro juga mengatakan bahwa trauma merupakan pengalaman hidup yang menggangu keseimbangan dari sistem informasi pengelolaan psikologi otak. Dengan adanya bullying tersebut berdampak terhadap kehidupan sehari-hari korban, seperti tidak dapat bersosialisasi, korban menjadi sosok yang pendiam dan lain sebagainya, maka dari itu peran guru bimbingan konseling sangat berpengaruh bagi korban bullying. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi korban bullying, mengetahui trauma yang dialami korban bullying di MAN 2 Kota Pekalongan, dan untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam mengurangi trauma korban bullying di MAN 2 Kota Pekalongan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat teoritis dan manfaat praktis. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di MAN 2 Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana, yaitu meliputi Kondensasi Data, Penyajian Data dan Kesimpulan atau Verifikasi Data. Setelah dilaksanakanya konseling dan bimbingan secara pribadi ditemukan beberapa perubahan positif pada aspek trauma, aspek kognitif, dan aspek behavior. Serta dalam peran guru bimbingan konseling yang meliputi, sebagau konselor, sebagai konsultan, sebagai agen perubahan, dan yang terakhir sebagai agen pencegahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorM. Ag, Dr. Maskhur1973061120031210013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan Konseling, Mengurangi Trauma, Korban Bullying.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 05 Nov 2024 02:21
Last Modified: 05 Nov 2024 02:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11014

Actions (login required)

View Item View Item