Strategi Komunikasi Persuasif KH. Achmad Asrori Al-Ishaqy Dalam Mengembangkan Majelis Al-Khidmah di Desa Meteseh

Nisa’, Wafidatun (2024) Strategi Komunikasi Persuasif KH. Achmad Asrori Al-Ishaqy Dalam Mengembangkan Majelis Al-Khidmah di Desa Meteseh. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420130_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420130_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3420130_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan teori komunikasi persuasif yang menjelaskan bagaimana kredibilitas da’i, daya tarik, pesan dakwah, media, dan respon jama’ah terhadap nilai-nilai dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jama’ah Majelis Al-Khidmah di Desa Meteseh mengalami peningkatan religiusitas, ketenangan batin, dan penguatan hubungan sosial sebagai hasil dari strategi dakwah persuasif tersebut. Penelitian ini mengacu pada teori komunikasi persuasif yang menekankan pada penggunaan pesan-pesan yang dapat mempengaruhi sikap, perilaku, dan keyakinan audiens. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait. Dakwah KH. Achmad Asrori melalui Majelis Al-Khidmah tidak hanya berdampak pada spiritualitas individu, tetapi juga membentuk komunitas yang solid dan aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan majelis. Pengaruh dakwahnya tetap kuat bahkan setelah wafatnya, dengan jama’ah yang terus melanjutkan tradisi dan nilai-nilai yang diajarkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi persuasif yang diterapkan telah berhasil menciptakan perubahan sikap, memperkuat ikatan sosial, dan meningkatkan kesadaran spiritual di kalangan jama’ah Al-Khidmah. Kata Kunci: Dakwah, Komunikasi, Sufistik, Persuasif

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNoviyanto, KholidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Komunikasi, Sufistik, Persuasif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:21
Last Modified: 07 Nov 2024 02:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11133

Actions (login required)

View Item View Item