Manafi, Zhilal (2024) Komodifikasi Konten Agama Pada Produk Fashion (Analisis Wacana Kritis pada Akun Instagram @Shaqueena.pro). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3420155_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
3420155_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
3420155_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
-Akun instagram @Shaqueena.pro merupakan akun yang digunakan pemiliknya untuk mengunggah produk Shaqueena. Dalam Konten-konten yang unggahanya terdapat beberapa kalimat dakwah Islam. Komodifikasi agama guna kepentingan bisnis dalam industri media yang memiliki orientasi terhadap pasar menjadikan agama yang mengandung nilai beralih fungsi dan mengalami modifikasi untuk memasarkan produk tertentu. Berdasarkan hal itulah, penulis mencoba melakukan penelitian terkait metode dakwah yang digunakan dalam desain unggahan akun @Shaqueena.pro serta kandungan komodifikasi nilai agama Islam yang terdapat pada akun @Shaqueena.pro. Penelitian ini menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis model Norman Fairclough, untuk menggambarkan wacana dan ideologi serta praktik-praktik agama yang bersentuhan dengan budaya populer. Objek terfokus pada desain produk @Shaqueena.pro, yang mana sangat bermuatan pesan - pesan dakwah, sekaligus mengadopsi gaya dan bentuk budaya populer. Hasil dan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penggunaan metode dakwah agama yang ada didalamnya menjadikanya hal yang menarik bagi para konsumen. Pada akun @Shaqueena.pro dalam menarasikan dakwah islam melalui unggahanya dan terdapat komodifikasi agama dalam memaksimalkan promosi produk menggunakan unsur agama berupa produk fashion yang disispkan narasi dakwah islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Komodifikasi konten agama, Analisis wacana kritis Norman Fairclough, Konten Instagram | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:43 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:43 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11148 |
Actions (login required)
View Item |