Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalaui Pembiasaan Pembacaan Kitab Risalah Awal Sebelum Kegiatan Pembelajaran

Asfi, Rifqoti Ulya Putri (2024) Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalaui Pembiasaan Pembacaan Kitab Risalah Awal Sebelum Kegiatan Pembelajaran. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320101_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (486kB)
[img] Text
2320101_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembentukan karakter religius pada siswa, terutama dalam menghadapi tantangan moral yang dihadapi generasi muda di era perkembangan teknologi saat ini. Karakter siswa cenderung menurun, seperti terlihat dari sikap yang kurang memperhatikan nilai-nilai kejujuran, kesantunan, dan religiusitas. MI Nurul Huda 01 Mereng Pemalang berupaya membentuk karakter religius siswa melalui program pembiasaan pembacaan kitab Risalah Awal sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Pembiasaan ini diharapkan dapat menguatkan nilai-nilai religius, akidah, dan akhlak siswa. Penelitian ini merumuskan beberapa masalah, yaitu bagaimana proses pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan pembacaan kitab Risalah Awal, bagaimana perubahan karakter religius siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembiasaan pembacaan kitab Risalah Awal, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan pembacaan kitab Risalah Awal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter religius siswa melalui pembiasaan pembacaan kitab Risalah Awal, menggambarkan perubahan karakter religius siswa sebelum dan sesudah pembiasaan pembacaan kitab Risalah Awal, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembiasaan pembacaan kitab Risalah Awal tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi di MI Nurul Huda 01 Mereng Pemalang. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas IV hingga VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembiasaan pembacaan kitab Risalah Awal berhasil membentuk karakter religius siswa dengan dampak positif terhadap kedisiplinan, tanggung jawab, dan akhlak. Proses pembentukan karakter religius melalui 3 tahap yaitu, pengenalan, pembiasaan, dan pembinaan karakter. Perubahan karakter religius siswa mencakup pada 5 aspek yaitu, taat kepada Allah, syukur, ikhlas, tawakal, sabar. Adapun beberapa faktor penghambat seperti keterbatasan membaca, waktu, kondisi ekonomi. Dan beberapa faktor yang menjadi pendukung kegiatan ini seperti, fasilitas yang memadai, bimbingan intensif dengan guru, pengawasan orang tua, dan adanya rasa semangat dari siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter Religious, Pembiasaan, Kitab Risalah Awal, Siswa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:18
Last Modified: 07 Nov 2024 06:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11162

Actions (login required)

View Item View Item