Riefmadanty, Dysna (2024) Strategi Pengelolaan Konten Akun Instagram @Taulebih.Id Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Berbasis Islam Bagi Remaja. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3420125_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
3420125_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
3420125_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
Abstract
Kurangnya edukasi tentang pendidikan seksual oleh keluarga dan lembaga belajar memengaruhi masalah seksual remaja, seperti kekerasan seksual. Data global tahun 2017 menunjukkan 1,7 miliar remaja mengalami kekerasan. Sedangkan di Indonesia, terdapat 15.120 kasus kekerasan terhadap anak. Pendidikan seksual penting untuk meningkatkan kesadaran anak terhadap kekerasan seksual. Media sosial, seperti Instagram @taulebih.id, dapat digunakan sebagai sarana edukasi. Akun ini fokus pemberian edukasi mengenai pendidikan seksual berbasis Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengelolaan konten akun Instagram @taulebih.id dan apa saja aspek pendukung dan penghambat yang dialami oleh akun Instagram @taulebih.id. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk memahami pengelolaan konten yang efektif dalam memberikan pendidikan seksual berbasis Islam bagi remaja. Kegunaan penelitian ini menjadi bahan referensi bagi mahasiswa dan panduan untuk riset selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori POAC George Robert Terry, teori agenda setting Donald L. Shaw dan Maxwell McCombs, dan teori new media Pierre Lévy. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu metode analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan konten akun Instagram @taulebih.id sesuai dengan konsep teori POAC George Robert Terry dan akun ini berhasil membawa topik-topik tersebut menjadi fokus utama bagi pengikutnya melalui penerapan teori agenda setting Donald L. Shaw dan Maxwell McCombs serta penggunaan teori new media Pierre Lévy dalam menyebarkan informasi digital kepada pengikutnya. Aspek pendukung seperti perencanaan terstruktur dan SDM besar, sedangkan aspek penghambatnya diantaranya lamanya proses QC, sulitnya menemukan referensi Islami dan komunikasi full online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pengelolaan, Konten | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 07:10 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 07:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11172 |
Actions (login required)
View Item |