Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM Berorientasi Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Satu Atap Kaliombo

Alfi, Isfani Rohmah Bi (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis STEAM Berorientasi Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Satu Atap Kaliombo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621036_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2621036_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
2621036_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Era abad 21 pembelajaran lebih difokuskan pada kemampuan berpikir kritis siswa, kemahiran teknologi informasi, penerapan pengetahuan di dunia nyata, serta kemampuan interpersonal dan kerja sama tim. Kemampuan komunikasi menjadi salah satu tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam kurikulum merdeka terlebih pada mata pelajaran matematika yang diharapkan siswa dapat menjelaskan berbagai persoalan atau permasalahan dengan menggunakan simbol atau model matematika, baik secara verbal maupun tertulis. Namun, kenyataan di lapangan menunjukan kurangnya kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematika. Siswa cenderung lebih banyak diam ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa juga mengalami kesulitan saat menyelesaikan bentuk soal cerita yang diberikan. Salah satu pembaharuan bahan ajar yang ditawarkan yaitu e-modul berbasis STEAM yang dapat digunakan secara mandiri kapanpun dan dimanapun, STEAM atau suatu pendekatan yang menerapkan lima disiplin ilmu dalam satu proses pembelajaran, siswa dituntut untuk memecahkan masalah dan menerapkan solusi yang mereka ajukan sehingga dapat menstimulus pemahaman siswa maka siswa dengan mudah mengekspresikan atau mengkomunikasikan ide-ide matematikanya baik secara lisan maupun tertulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kevalidan hasil pengembangan e-modul berbasis STEAM, bagaimana kepraktisan e-modul berbasis STEAM serta bagaimana keefektifan hasil pengembangan e-modul berbasis STEAM yang berorientasi pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII tersebut. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul berbasis STEAM berorientasi pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP Satu Atap Kaliombo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembanan atau Research and development (R&D) dan model pengembangan yang diterapkan ialah ADDIE atau Analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik angket, tes dan dokumentasi serta menggunakan teknik deskriptif kuantitatif sebagai teknik analisis data. Hasil kevalidan e-modul berbasis STEAM yang berorientasi pada kemampuan komunikasi matematis siswa dinilai berdasarkan angket validasi ahli media dan ahli materi memperoleh skor sebanyak 160 dengan persentase 91,41% yang memperoleh kategori “sangat valid” dari ahli materi dan mendapatkan skor sebanyak 142 dengan persentase 94,66% atau berkategori “sangat valid” dari ahli media, yang artinya e-modul berbasis STEAM valid dan layak diterapkan dalam pembelajaran. Hasil kepraktisan e-modul dinilai berdasarkan angket kepraktisan guru dan siswa kelompok kecil yang memperoleh skor 114 dengan persentase 91,20% dari angket kepraktisan guru. Sedangkan hasil yang diperoleh dari angket kepraktisan siswa kelompok kecil mendapatkan skor sebanyak 118,4 dengan persentase 94,75%, dengan hasil akhir uji kepraktisan memperoleh persentase sebesar 92,97% atau berkategori “sangat praktis” yang berarti bahan ajar tersebut layak untuk diimplementasikan kepada subjek yang lebih luas. Tingkat keefektifan bahan ajar e-modul berbasis STEAM yang diperoleh dari hasil post-test siswa yang mendapatkan persentase sebesar 90,90% atau berkategori “sangat efektif”, hal ini membuktikan bahwa e-modul berbasis STEAM efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran dan mampu memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi aljabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, Juwita19910301 201503 2 010-
Uncontrolled Keywords: E-Modul, STEAM, Komunikasi Matematis Siswa
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Nov 2024 07:05
Last Modified: 16 Dec 2024 04:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11174

Actions (login required)

View Item View Item