Bimbingan Agama Islam dalam Membentuk Penerimaan Diri Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekalongan

Zalwa, Nailla (2024) Bimbingan Agama Islam dalam Membentuk Penerimaan Diri Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520015_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3520015_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
3520015_Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Menjalani kehidupan di lembaga pemasyarakatan bukanlah hal yang mudah. Warga binaan pemasyarakatan harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang terbatas dengan lingkungan luar serta jauh dari keluarga. Hal ini yang seringkali membuat warga binaan belum dapat menerima diri mereka dengan kondisinya tersebut. Seperti yang terjadi di lembaga pemasyrakatan kelas IIA Pekalongan, warga binaan merasakan shock saat awal masuk dan merasa stress akibat belum memiliki penerimaan diri terhadap kondisinya. Hal ini berimbas pada kurangnya percaya diri, merasa hidupnya tidak berarti, timbul rasa benci terhadap diri sendiri, penolakan terhadap lingkungan, hilang motivasi dan semangat, merasa iri, dan merasa bersalah pada keluarga. Oleh karena itu Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekalongan memberikan bimbingan agama Islam kepada warga binaan sebagai pembinaan kepribadian. Berdasarkan latar belakang permasalahan, maka ditentukan rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam membentuk penerimaan diri warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekalongan dan bagaimana kondisi penerimaan diri warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekalongan sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam membentuk penerimaan diri warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekalongan dan untuk mengetahui bagaimana kondisi penerimaan diri warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekalongan sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Dengan warga binaan dan pembimbing agama Islam sebagai subjek penelitian, serta bimbingan agama Islam dan penerimaan diri sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan agama Islam yang diberikan kepada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekalongan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan metode keteladanan. Bimbingan agama Islam ini mampu membentuk penerimaan diri warga binaan dari yang sebelumnya belum bisa menerima diri. Penerimaan diri ini dapat dilihat dari memiliki keyakinan terhadap kemampuan dirinya untuk menghadapi lingkungan, menganggap diri sendiri wajar serta memiliki harapan orang lain akan menerimanya, tidak malu atau sadar diri, bertanggungjawab atas apa – apa yang dilakukannya, dan tidak menyalahkan diri sendiri atau mengingkari perasaan yang muncul.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam, Penerimaan Diri, dan Warga Binaan
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Zalwa Nailla
Date Deposited: 08 Nov 2024 02:04
Last Modified: 08 Nov 2024 02:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item