Purchasing Decisions Consumer Di Marketplace Dalam Penggunaan Voucher, Paylater, Flash Sale Dan Cash On Delivery (COD) Dengan Rating Sebagai Variabel Moderating Pada Gen Z Di Pekalongan

Zaki, Akhmad Hanif (2024) Purchasing Decisions Consumer Di Marketplace Dalam Penggunaan Voucher, Paylater, Flash Sale Dan Cash On Delivery (COD) Dengan Rating Sebagai Variabel Moderating Pada Gen Z Di Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4120138_COVER, BAB I dan BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4120138_Full Texs.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4120138_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Jaringan internet saat ini semakin meluas dan mudah untuk diakses bagi semua kalangan. Fenomena tersebut dianggap sebagai peluang usaha oleh para pengusaha dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menyebarluaskan bisnisnya melalui Marketplace atau toko online. Tingginya minat masyarakat, terutama Gen Z dalam berbelanja di Marketplace. Banyak faktor yang membuat masyarakat untuk terus melakukan pembelian, dengan adanya persaingan yang ketat di antara pembeli dalam bertransaksi terutama saat terdapat penawaran promo dan diskon serta adanya rating menjadi pertimbangan dalam melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini, untuk menganalisis Purhasing Decisions Consumer Di Marketplace Dalam Penggunaan Voucher, Paylater, Flash Sale Dan Cash On Delivery (COD) Dengan Rating Sebagai Variabel Moderating Pada Gen Z Di Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Metode ini merupakan suatu pendekatan pemilihan sampel yang tidak bersifat acak, di mana sampel dipilih berdasarkan kriteria-kriteria tertentu guna menentukan jumlah sampel yang akan diteliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Voucher secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap purchasing decisions consumer, Paylater secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap purchasing decisions consumer, Flash sale secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap purchasing decisions consumer, Cash on delivery secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap purchasing decisions consumer, Rating tidak memoderasi pengaruh penggunaan Voucher terhadap purchasing decisions consumer, Rating memoderasi pengaruh penggunaan Paylater terhadap purchasing decisions consumer, Rating tidak memoderasi pengaruh penggunaan Flash sale terhadap purchasing decisions consumer, Rating tidak memoderasi pengaruh penggunaan Cash on delivery terhadap purchasing decisions consumer. Kemudian penggunaan Voucher, Paylater, Flash sale dan Cash on delivery (COD) secara simultan berpengaruh terhadap purchasing decisions consumer di Marketplace pada generasi Z di Pekalongan melalui Rating sebagai variabel moderasi. Kata Kunci : Voucher, Paylater, Flash sale, Cash on delivery, Rating dan Purchasing Decisions Consumer

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaki, Akhamad HanifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Vouchers, Paylaters, Flash sales, Cash on delivery, Rating and Consumer Purchasing Decisions
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 08 Nov 2024 01:56
Last Modified: 08 Nov 2024 01:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11195

Actions (login required)

View Item View Item