Pratama, Rio Ardian Fajar (2024) Implementasi Kegiatan Khiṭābah Dalam Melatih Mahārah Al-Kalām Pada Santri di Internasional. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220103_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (493kB) |
|
Text
2220103_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2220103_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan khiṭābah merupakan kegiatan yang dapat melatih mental santri serta melatih santri untuk berbicara di depan umum menggunakan bahasa Arab. Penelitian ini berangkat dari masalah yang ada pada kegiatan khiṭābah dalam melatih mahārah al-kalām pada santri di Internasional Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan yaitu santri masih merasa kurang dalam melatih mahārah al-kalām yang terkhusus dalam tahapan mutawasith pada penyusunan paragraf bahasa Arab untuk berkhiṭābah, mereka masih merasa ragu dan kurang percaya diri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi, kelebihan dan kekurangan kegiatan khiṭābah dalam melatih mahārah al-kalām pada santri di Internasional Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan khiṭābah dalam melatih mahārah al-kalām pada santri di Internasional Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan dan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles And hubermen, yang terdiri Reduksi data (data reducation), Penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (conclutions drawing verifiying) Hasil dari penelitian Implementasi kegiatan khiṭābah dalam melatih mahārah al-kalām pada santri di Internasional Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan bahwa kegiatan mencangkup tujuan yang salah satunya kegiatan khiṭābah dapat memudahakan santri dalam mengembangkan mahārah al-kalām untuk berbicara di depan khalayak umum. Dalam pelaksanaannya kegiatan khiṭābah berjalan dengan lancar dan baik walaupun tidak semua santri mengusai dalam kegiatan khiṭābah. Adapun kelebihan dari kegiatan khiṭābah ini yaitu: santri mampu mendapatkan kosakata yang lebih banyak, dapat mengembangkan ketrampilan berbicara (mahārah al-kalām), dapat menambah rasa percaya diri dalam berbicara di depan orang banyak, dan dapat mengembangkan ketrampilan menulis (mahārah al-kitābah). Sedangkan kekurangannya yaitu: Kurangnya variasi materi, kemampuan santri yang beragam, kurangnya ketegasan dalam evaluasi sehingga menjadi evaluasi yang kurang terperinci.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Khiṭābah, Mahārah Al-Kalām | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 01:15 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11209 |
Actions (login required)
View Item |