Pratama, Dimas Surya (2024) Dakwah Melalui Komik Islami di Media Sosial Instagram (Studi Pada Akun Instagram @komikanu). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3420024_Bab I dan Bab V.pdf Download (3MB) |
|
Text
3420024_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
3420024_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (860kB) |
Abstract
Fenomena penggunaan media sesial sebagai media untuk berdakwah kini semakin marak. Salah satunya yaitu akun Instagram @komikanu yang menyampaikan pesan agama melalui komik islami. Mengingat popularitas media sosial di kalangan generasi muda cukup tinggi, penting bagi para pemuka agama untuk menggunakan pendekatan kreatif dalam dakwah guna menjangkau audiens yang lebih luas. Dalam penelitian ini, memiliki tujuan untuk mengeksplorasi efektivitas dakwah melalui komik islami, respon audiens, serta analisis tanda dan makna yang terkandung dalam komik yang disajikan oleh akun @komikanu. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan memanfaatkan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce yang menelaah simbol-simbol dalam komik melalui konsep representemen (tanda), object (objek) dan interpretant (penafsiran). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana makna dakwah yang direpresentasikan melalui elemen visual dalam komik serta tantangan yang dihadapi didalam penyampaian pesan agama yang kreatif dan relavan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akun @komikanu mampu menyampaikan pesan dakwah secara ringan dan mudah diterima melalui sebuah komik islami. Komik-komik ini mampu menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi konten yang disajikan dengan keseimbangan antara aspek hiburan dan penyampaian nilai-nilai agama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang peran media sosial dalam penyebaran dakwa dan pentingnya pemahaman akan simbolik dalam komunikasi modern.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dakwah, Komik, Media Sosial, Instagram, Simbol, Semiotika, Charles Sanders Peirce | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 03:37 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 03:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11227 |
Actions (login required)
View Item |