Hidayah, Sofiyatul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Aplikasi Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Vii Mts Tholabudin Masin. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2619033_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2619033_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2619033_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Hidayah, Sofiyatul.2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Aplikasi Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Dua Variabel Di Mts Tholabudin Masin”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Nalim, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah Tujuan penelitian yang ingin dicapai ialah untuk menganalisis apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Geogebra dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VII MTS Tholabudin Masin, selain itu untuk mengetahui apakah ketuntasan kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Geogebra mencapai lebih dari satu atau sama dengan 75%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain yang memiliki kelompok kontrol, dengan pendekatan kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Geogebra efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Geogebra ini ditunjukkan melalui meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari sebelum dengan sesudah diberikannya model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Geogebra. Berdasarkan hasil uji Independent Samples T-Test nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat nilai sig. 0,0000,05 maka ditolak dan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Geogebra materi sistem persamaan linear dua variabel bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Fasya | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 07:50 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 07:50 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11313 |
Actions (login required)
View Item |