Anggriani, Yanu (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGATASI DEKADENSI AKHLAK DI SMA NEGERI 2 PEMALANG. Undergraduate Thesis thesis, UIn K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (999kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada peran guru PAI dalam mengatasi dekadensi akhlak di kalangan peserta didik SMA Negeri 2 Pemalang. Akhlak adalah aspek penting dalam kehidupan manusia yang berkontribusi pada kemajuan bangsa dan agama. Namun, dekadensi akhlak di kalangan generasi muda semakin menjadi perhatian, terutama akibat kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup yang memengaruhi perilaku siswa. Karena itu, peran guru PAI menjadi solusi untuk menghadapi tantangan ini. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: Bagaimana bentuk bentuk perilaku dekadensi akhlak di SMA Negeri 2 Pemalang? Bagaimana peran guru PAI dalam mengatasi dekadensi akhlak peserta didik di SMA Negeri 2 Pemalang? Apa saja Faktor pemghambat dan faktor pendukung peran guru PAI dalam mengatasi dekadensi akhlak peserta didik di SMA Negeri 2 Pemalang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (Field Research), melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Negeri 2 Pemalang terdapat berbagai bentuk dekadensi akhlak yaitu: kedisiplinan, etika dan kesopanan, tanggung jawab akademik dan perilaku sosial. Guru PAI di SMA Negeri 2 Pemalang memiliki peran penting dalam mengatasi dekadensi akhlak peserta didik. Guru PAI berperan sebagai pembimbing, pendidik, motivator, informator, evaluator, dan penasehat, yang tidak hanya mengajarkan nilai-nilai agama secara teoretis, tetapi juga mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kerjasama dengan orang tua, sarana yang memadai, keteladanan guru, kesadaran diri siswa, serta kegiatan keagamaan, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi pembentukan akhlak yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Dekadensi Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2024 08:22 | ||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2024 08:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11329 |
Actions (login required)
View Item |